News

DPD Literasi Kajian Desa Nusantara Terbentuk di Kabupaten Simalungun

FaseBerita.ID -Pengurus Dewan Pengurus Daerah Literasi Kajian Desa Nusantara (DPD LKDN) resmi terbentuk di Kabupaten Simalungun, resmi terbentuk dalam rapat kepengurusan yang dipimpin mandataris, Selasa (19/1/2021) di Baren Coffee Nagori Pamatang Sidamanik Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Ada pun dasar pembentukan kepengurusan LKDN di Simalungun mengacu kepada surat mandat yang di terima oleh tiga orang mandataris yaitu Buyung Irawan Tanjung,Edimancer Saragih, dan Ilham Prasetyo yang dituangkan dalam surat mandat no 005/dpp.lkdn/VIII/2020 tentang pembentukan LKDN Simalungun masa bakti 2021-2026.

Ada pun tujuan terbertuk nya LKDN di Simalungun adalah sebagai mitra kerja pemerintahan Kabupaten Simalungun khususnya pemerintahan nagori, bersinergi memajukan dan mengembangkan desa.

Dalam RAPAT pembentukan pengurus terpilih beberapa pengurus sesuai struktur yang ditentukan oleh DPP LKDN. Ketua umum terpilih Buyung Irawan Tanjung, Wakil Ketua Andy Kusma dan M Taufik Pasaribu. Sekretaris Edimancer Saragih, Wakil Sekretaris Jailani dan Yuda Muspianto.Bendahara Mahdani Sinaga SP, Wakil Bendahara Saiful Amri dan M Indra Gunawan.

Logo LKDN

Terpilih juga beberapa biro, yakni; Biro Humas dan Media Renhad Sihombing, Biro Pendidikan dan PelatihanM Rifal Nasution, Biro Riset dan Survey Dearmando Damanik, Biro Perekonomian dan Sosial Muliadi dan Biro Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Nahot Martua Siahaan.

Terpilih juga enam kordinator wilayah yakni; Kordinator Wilayah 1 Sondi Ada Sipayung SH, Kordinator Wilayah 2Dede Suhendi Shut, Kordinator Wilayah 3 M Chairuddin, Kordinator Wilayah 4 Sopian, Kordinator Wilayah 5 Sahat Ucok Hutabarat dan Kordinator Wilayah 6 Amri L Tindaon.

Dalam sambutannya ketua terpilih Buyung Irawan Tanjung mengucap kan terima kasih kepada segenap pengurus yang telah memberi kepercayaan kepada nya untuk memimpin LKDN hingga 5 tahun ke depan,dan mengajak kepada seluruh jajaran pengurus untuk dapat bekerja secara maksimal dan bisa bersinergi dengan seluruh pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Simalungun untuk sama-sama saling membantu untuk menciptakan desa yang maju makmur dan mandiri sesuai harapan bangsa dan negara.

“LKDN merupakan perkumpulan yang tujuannya untuk meningkatkan edukasi masyarakat desa, mendampingi masyarakat untuk mendapatkan hak serta memenuhi kewajibannya. Kita belajar bersama untuk mewujudkan tujuan perkumpulan,”katanya.

Sementara Mahdani Sinaga dalam sambutannya selaku bendahara sekaligus tuan rumah kegiatan pembentukan panitia menyambut baik ada nya lembaga ini di Kabupaten Simalungun.

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin demi kemajuan desa yang ada di Simalungun. Apa bila desa maju dengan sendiri nya Simalungun bisa sejahtera,dan harapannya pengurus dan anggota LKDN bisa serentak melakukan hal yang sama sehingga nantinya terwujud la cita-cita bangsa yaitu Indonesia Maju,”pungkasnya

Dalam rapat ini juga telah terpilih panitia pelantikan yang jadwalnya masih belum ditentukan. Pelantikan direncanakan bersamaan dengan pengurus LKDN tingkat kecamatan yang menyusul akan dibentuk.(rel/fabe)