News

Dorrr! Ngamuk saat akan di Sembelih, Sapi Kurban Ditembak

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Satu ekor sapi kurban mengamuk saat akan di sembelih, sehingga membuat panitia dan warga yang menyaksikan panik saat berlangsungnya pemotongan hewan kurban di Masjid Ilham Sigundaba, Kelurahan Sondi Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Minggu (11/8/2019).

Sapi mengamuk hingga menanduk seorang warga pada saat mengikat, bahkan sapi tersebut berhasil sampai ke halaman Gereja GKPS Kongsilaita, berjarak 400 meter dari area Masjid Sigundaba.

Dimana saat itu, aktivitas di gereja GKPS Kongsilaita sedang berlangsung ibadah kebaktian Minggu.

Dianggap membahayakan, situasi itu membuat pihak kepolisian yang juga sebagai panitia kurban, Aiptu Arifin Harahap meminta petunjuk kepada Kapolsek Raya, AKP Ricson Sinaga untuk mengambil inisiatif suatu tindakan untuk melumpuhkan sapi sebelum melukai warga sekitar.

Dengan menggunakan senjata laras panjang, dari jarak kurang lebih 20 meter, Aiptu Arifin Harahap langsung membidik bagian kepala sapi hingga tumbang tergelepar saat di perladangan depan gereja GKPS Kongsilaita.

Penyembelihan kurban di Kelurahan Sondi Raya untuk tahun ini berlangsung di dua masjid, yakni Masjid Ar-Rahman dan Ilham Sigundaba dengan jumlah hewan kurban 6 ekor sapi dan 13 ekor kambing. Di masjid Ar Rahman sebanyak 3 ekor sapi 11 ekor Kambing, sedangkan di Masjid Ilham Sigundaba 3 ekor sapi dan 2 ekor Kambing.

Kapolsek Raya, AKP Ricson Sinaga saat dikonfirmasi melalui selulernya, membenarkan kejadian itu. “Iya itu sapi kurban mau disembelih tadi, tapi pas lagi mengikat, orang tersebut langsung ditanduk sehingga orang tersebut terjatuh,” sebutnya.

Sambung AKP Ricson Sinaga bahkan sapi tersebut sampai ke halaman Gereja GKPS Kongsilaita Raya, dianggap membahayakan sehingga pihaknya dan panitia menggiring sapi tersebut ke ladang milik warga untuk ditembak.

“Cuma nengok manusia sapi itu marah, karena menbahayakan, makanya kita giring ke ladang pas depan gereja GKPS Kongsilaita, disana sapi itu langsung kita tembak,” terangnya lagi. (Mag05)

USI