News

Dolly-Rasyid Unggul: Hasil Hitung Sementara Desk Pilkada Pemkab Tapsel dan Real Count KPU

FaseBerita.ID – Hasil penghitungan perolehan suara sementara Pilkada Tapanuli Selatan 2020, menunjukkan pasangan nomor 02 Dolly Pasaribu-Rasyid Dongoran unggul dari pasangan 01 Yusuf Siregar-Roby Harahap.

Pantauan wartawan, Rabu (9/12) malam, hasil penghitungan perolehan suara sementara Pilkada Tapsel 2020, yang dilakukan pihak Pemkab Tapsel di Posko Desk Pilkada Tapsel Jalan Kenanga eks Kantor Pemkab Tapsel, Kota Padangsidimpuan menunjukkan, pasangan nomor urut 02 Dolly-Rasyid unggul dari pasangan 01 Yusuf-Roby.

Dari jumlah keseluruhan suara yang masuk dan diinput, pasangan Dolly-Rasyid memperoleh jumlah suara sebanyak 94.592 atau 59,31%. Jumlah tersebut lebih unggul dari perolehan pasangan rival mereka dengan nomor urut 01 Yusuf-Roby, yang memperoleh suara sebanyak 64.885 atau 40,69%.

“Itu hasil final perolehan suara sementara versi Posko Desk Pilkada 2020 Pemkab Tapanuli Selatan,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Hamdi Pulungan kepada wartawan, Rabu (9/12) malam.

Sementara itu, pantauan di situs resmi KPU; pilkada2020.kpu.go.id, Kamis(10/12) pukul 14.30 wib, dari 731 TPS, baru 361 TPS yang masuk, atau baru 49,38%.

Hasilnya menunjukan pasangan Dolly-Rasyid memperoleh 59,8%, unggul dari pasangan Yusuf-Roby yang memperoleh 40,2% suara.

Tim Dolly-Rasyid Klaim Menang Mutlak

Ketua Harian tim pemenangan Dolly-Rasyid pasangan calon nomor 01 Husin Sogot Simatupang mengatakan, hasil penghitungan suara yang dilakukan timnya menunjukkan pasangan Dolly-Rasyid menang mutlak dari pasangan Yusuf-Roby.

“Dari 731 TPS yang berasal dari 248 kelurahan/desa, 15 kecamatan yang ada di Tapanuli Selatan, Alhamdulillah pasangan Dolly-Rasyid menang mutlak. Meskipun ada beberapa kecamatan yang kami akui tidak signifikan. Namun pasangan Dolly-Rasyid kami yakin tetap lebih unggul,” ujar Sogot saat menggelar konferensi pers di Posko Pemenangan Dolly-Rasyid, Kelurahan Bincar, Padangsidimpuan, Rabu (9/12) malam.

Pilkada Tapsel Kondusif dan Aman

Komisioner KPU Tapsel Zulhajji Siregar mengatakan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Tapsel 2020 berlangsung aman dan lancar.

“Tidak ada kendala, sampai saat ini masih terkendali, aman dan lancar. Dan tahapan selanjutnya yaitu rekapitulasi di tingkat PPK dan KPU,” ujar Zulhajji.

Begitu juga dengan hasil resmi, masih menunggu tahap rekapitulasi selesai sesuai aturan tahapan yang ada.
“Tahapan rekapitulasi di tingkat KPU dimulai pada 13 Desember hingga 17 Desember. Dan untuk penetapan, lima hari setelah putusan dari MK, jika ada (gugatan).” Ujar Zulhajji. (yza)