News

Dokter Sebut Faktor Beban Kerja dan Kafein

Saat ini Arief belum mau membicarakan program jangka panjang untuk pemilu berikutnya. KPU masih berfokus menyelesaikan tugas rekapitulasi suara hingga tingkat nasional. Setelahnya baru bisa dievaluasi apa saja kekurangan pemilu kali ini, termasuk dalam hal beban kerja penyelenggara.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menjelaskan, problem kelelahan yang berujung meninggalnya sejumlah petugas pemilu tidak bermula saat pemungutan suara. Jauh sebelum itu, mereka harus bekerja secara simultan. Mulai membangun TPS, mengirim undangan, hingga menunggu atau mengambil logistik pemilu.

Beberapa di antaranya bahkan baru mendapat logistik beberapa jam menjelang pemungutan suara. Beban lainnya baru terjadi saat pemungutan suara.

“Situasi TPS baru dibuka itu sebenarnya biasa saja. Tapi kemudian misalnya ada logistik yang kurang, kan langsung (membuat) spaneng, stres,” terangnya.

Afif menuturkan, penghargaan terbaik bagi para petugas pemilu yang gugur adalah melanjutkan dan menyelesaikan tugas mereka sebaik-baiknya. Setelah tuntas, baru diadakan evaluasi untuk jangka panjang.

“Pasca kejadian ini saya kira (perlu dipikirkan) bagaimana kita membuat pemilu dengan sistem yang efisien dan tidak melelahkan,” tambahnya. (dtc/jp/int)

Laman sebelumnya 1 2 3 4