News

Dokter Sebut Faktor Beban Kerja dan Kafein

“Ini bagian kontribusi komponen bangsa untuk menjaga agar proses pemilu berjalan dengan baik,” lanjut mantan komisioner KPU Jatim itu.

Arief juga mengimbau RS-RS di daerah agar berpartisipasi membuka layanan kesehatan. Dengan begitu, apabila ada penyelenggara pemilu yang mengalami gejala gangguan kesehatan, RS terdekat bisa langsung menangani. Arief beralasan, kondisi semacam itu tidak akan mampu diatasi KPU sendirian.

Pada saat yang sama, KPU sedang mengonsep bentuk layanan kesehatan yang lebih formal dan terstruktur untuk jangka pendek. Rekapitulasi suara di kecamatan masih berlangsung sekitar sepekan ke depan. Setelah itu, tugas PPK tidak bisa dinyatakan selesai begitu saja.

“Mereka harus mengirim dokumennya ke kabupaten/kota dan harus ikut rapat (pleno) di kabupaten/kota tersebut,” tutur alumnus Universitas Airlangga Surabaya itu.

Hingga saat ini, tambah Arief, pihaknya belum berbicara langsung dengan instansi terkait di tingkat pusat seperti Kemenkes. Meskipun, Kemenkes telah berinisiatif menginstruksi jajaran untuk memantau kondisi penyelenggara pemilu.

“Tapi, mungkin komunikasi antar-sekretariat jenderal sudah dilakukan.”

Laman sebelumnya 1 2 3 4Laman berikutnya