News

Ditinggal Pemiliknya, Rumah Ini Terbakar

FaseBerita.ID – Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di desa Hajoran, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) saat ditinggal pemiliknya, Minggu siang (24/1).

Pemilik rumah yang diketahui bernama Saipul Harahap (27) mendapat informasi dari warga bahwa rumah yang ditinggalinya telah terbakar dan hangus.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Paluta Darman Hasibuan selaku kepala OPD yang menaungi bidang pemadam kebakaran menyampaikan pihaknya menerima informasi terjadinya kebakaran sekitar pukul 14.23 WIB oleh personel yang sedang berjaga.

Menerima informasi tersebut, pihaknya langsung bergerak ke lokasi dengan menurunkan tim bersama 4 unit mobil pemadam kebakaran.

“Sekitar pukul 14.25 WIB kita terima informasi, kita menurunkan 4 unit mobil pemadam ke lokasi untuk memadamkan api supaya tidak menyebar ke rumah milik warga,” ujarnya.

Lanjutnya, kondisi rumah yang terbuat dari kayu menyebabkan api dengan cepat menghanguskan rumah milik Saipul Harahap yang penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari dapur rumah milik korban.

Ia menambahkan, api baru bisa dikendalikan setelah satu jam kemudian dengan bantuan dari pihak TNI/Polri dan masyarakat sekitar.

“Kondisi rumah panggung yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat menghanguskan rumah tersebut, api yang berasal dari dapur rumah korban sementara diduga akibat arus pendek listrik. Api dapat kita kendalikan sekitar satu jam kemudian,” jelas Darman.

Katanya, ia menugaskan sejumlah petugas pemadam untuk membantu warga membersihkan dan berjaga untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

Berdasarkan laporan petugas pemadam yang bertugas, kerugian materil diperkirakan mencapai kurang lebih 30 juta rupiah. (ais/fabe)