News

Distribusi Air Terganggu: Pipa PDAM Tirtauli Rusak Diterjang Sungai Bah Bolon

FaseBerita.ID – Luapan air Sungai Bah Bolon menimbulkan kerusakan sejumlah pipa induk milik PDAM Tirtauli pada Senin (11/1) malam. Akibatnya, distribusi air ke pelanggan di sejumlah wilayah mengalami gangguan.

Informasi dihimpun, pada Senin sore hingga malam hari, cuaca hujan deras melanda wilayah Kabupaten Simalugun dan Kota Pematangsiantar. Hal tersebut menimbulkan volume air di Sungai Bah Bolon mengalami kenaikan. Selain derasnya air, material kayu juga terlihat banyak terbawa arus sungai sehingga tersangkut di pipa PDAM. Alhasil Pipa induk PDAM banyak yang patah.

Kondisi ini berdampak kepada distribusi air kepada pelanggan. Adapun wilayah yang mengalami gangguan air bersih yakni, di Kecamatan Siantar Martoba, Siantar Utara, Siantar Barat, Siantar Sitalasari, dan wilayah lainnya.

Kondisi ini pun membuat para pelanggan mengeluh dan sebahagian tidak mengetahui penyebab kenapa distribusi air ke rumahnya tidak masuk. Beberapa pelanggan mengeluh di media sosial terkait gangguan distribusi air tersebut. Pelanggan merasa aktivitasnya terganggu, seperti memasak, mandi dan aktivitas lainnya yang membutuhkan air bersih.

Terpisah, saat dikonfirmasi Humas PDAM Tirtauli Rosliana mengakui bahwa ada gangguan distribusi ke pelanggan. Hal itu disebabkan sejumlah pipa Induk PDAM rusak akibat diterjang luapan sungai Bah Bolon.

“Titik kerusakan sudah diketahui, sehingga tim dari PDAM Tirtauli sudah turun ke lokasi untuk memperbaiki,” kata Rosliana.

Dikatakan lagi, luapan Sungai Bah Bolon kali ini cukup besar sehingga banyak pohon besar tumbang dan terbawa arus sungai dan kemudian tersangkut di pipa PDAm Tirtauli. Akibatnya pipa jadi rusak dan patah termasuk juga bak penampungan.

“Ini adalah faktor alam. Kita secepatnya melakukan perbaikan. Karena kerusakan yang cukup parah, kemungkinan akan menyita waktu tiga hari untuk memperbaiki. Tapi kita upayakan secepat mungkin,” ujarnya.

Rosliana mengharapkan kerjasama yang baik kepada masyarakat agar bersabar menunggu perbaikan selesai.
Supaya suplay air bersih ke pelanggan tetap jalan, Rosliana mengaku sudah menurunkan mobil tangki air ke masyarakat.

“Kalau ada masyarakat yang membutuhkan mobil tangki untuk pengadaan air bersih, bisa menghungi call center PDAM Tirtauli 0622-24017 atau 08116064448. Sekali lagi kami mohonkan agar pelanggan tetap bersabar,” jelas Roslina. (pra/fabe)