News

Disnaker dan PPK USI Ajak Lamar Kerja Lewat Job Fair

FaseBerita.ID – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Pemerintah Kota Pematangsiantar, Lukas Barus mengajak masyarakat Siantar menghadiri bursa kerja atau job fair yang akan digelar Jumat dan Sabtu tanggal 22- 23 Maret 2019, bertempat di Auditorium Radjamin Purba Universitas Simalungun (USI), Jalan SM Raja Barat. Sebanyak 40 perusahaan dihadirkan, baik perusahaan nasional dan daerah.

Tujuan dari kegiatan ini, kata Lukas Barus, sebagai upaya menekan angka pengangguran. Hadirnya 40 perusahaan diperkirakan mampu menampung sebanyak 1500 hingga diatas 2000 tenaga kerja yang disebarkan atau ditempatkan diberbagai daerah sesuai dengan lokasi kebutuhan perusahaan.

Oleh karena itu, Lukas Barus berharap masyarakat tidak mengabaikan kesempatan ini karena sangat jarang dapat dilakukan. Baginya, job fair memudahkan pencari kerja menentukan perusahaan yang diharapkan untuk mempekerjakan dalam waktu bersamaan. Sebab dalam kesempatan ini satu orang pencari kerja bisa menjatuhkan lamaran lebih dari satu perusahaan.

“Sesuai komunikasi yang kita bangun ke perusahaan yang datang nanti, ada penempatan di Kalimantan, Jakarta, Medan dan daerah lainnya. Karena dalam satu perusahaan ada yang memiliki cabang lebih dari dua lokasi. Jadi, penempatan akan disesuaikan mereka,” jelasnya, Rabu (20/3).

Diyakini, secara tidak langsung bursa kerja ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pematangsiantar. “Kalau sudah bekerja pasti ada uang untuk dipergunakan. Artinya ada perputaran ekonomi. Walau anak yang kerja itu nanti di luar Siantar, pasti ada yang mengirim uangnya ke orangtuanya yang ada di Siantar,” ucapnya.

Dijelaskan Lukas, program ini untuk kedua kalinya dilakukan. Pertama tahun 2017. Pelaksanaan bursa kerja ini bekerjasama antara Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK USI) yang diketuai Mustafa Ginting dengan Disnaker. Berbekal pengalaman tahun pertama, perusahaan yang diundang lebih selektif. Setiap perusahaan yang hadir harus mentaati ketentuan perundang-undangan mengenai ketenagakerjaan, khususnya upah yang diberikan sesuai dengan Upah Minimal Kota (UMK).

Beberapa perusahaan yang hadir adalah PT Karyamas Nunsatara yang bergerak dibidang perkebunan dan penempatan kerjanya di Kalimantan. PT TPL bidang usaha bubur kertas dengan penempatan di Kabupaten Tobasa.

Ada juga PT Mayora Group yang bergerak dibidang makanan dan minuman dengan penempatan kerjanya diberbagai daerah karena perusahaan ini merupakan perusahaan besar yang telah membuka cabang dihampir seluruh daerah di Indonesia. Hadir juga perusahaan Aquarfarm dan puluhan perusahaan besar lainnya. (pam/esa)