News

Disdik Buka Kelas Jauh SMPN di Siantar Martoba

SIANTAR, FaseBerita.ID– Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar akan membuka kelas filial (kelas jauh) pada penerimaan siswa baru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Ajaran 2021-2022 di Kecamatan Siantar Martoba. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pematangsiantar Rosmayana Marpaung SPd MM di hadapan Komisi II DPRD Kota Pematangsiantar dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD dengan Disdik, Senin (29/3).

Rosmayana menerangkan, dengan diterapkannya sistem zonase untuk penerimaan siswa baru di Kota Pematangsiantar maka di beberapa kecamatan ada kelebihan serta kekurangan daya tampung siswa/i lulusan Sekolah Dasar (SD). Khusus di Kecamatan Siantar Martoba, ada 18 SD. Untuk tahun ajaran 2020-2021 akan menamatkan 639 orang. Sementara daya tampung SMP Negeri yang berada Siantar Martoba hanya 322 orang. Ada kelebihan 317 orang. Sementara orangtua siswa berharap anaknya bersekolah di SMP Negeri.

Karenanya, Disdik memberikan solusi untuk peserta didik di Kecamatan Siantar Martoba, yakni dengan membuka kelas filial SMP Negeri di Kelurahan Tanjung Pinggir. Kelas tersebut dengan menggunakan gedung SDN 122971 dan SDN 121313 dengan SMP Negeri 7 di Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Siantar Utara menjadi induk kelas filial tersebut.

“Jadi pendaftaran serta administrasi dan guru tetap dari SMPN 7. Hal tersebut dilakukan menunggu NPSN dari Menteri Pendidikan tentang permohonan penambahan SMP Negeri dari 13 sekolah yang sudah ada di Kota Siantar,” kata mantan guru SMAN 2 Pematangsiantar ini.

Menanggapi rencana Disdik, Ketua Komisi II DPRD Pematangsiantar Rini Silalahi mengharapkan hal tersebut secepatnya dilaksanakan. Sebab masa Penerimaan Siswa Baru sudah mendesak. Disarankannya, agar Disdik memberikan surat kepada orang tua siswa yang lulus tahun 2021 di Kecamatan Siantar Martoba agar mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 7. (cps/fabe)