News

Diperiksa Dugaan Makar Eggi Sudjana, Kivlan Disuguhi 51 Pertanyaan

FaseBerita.ID – Mayjen Purn Kivlan Zen diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar dengan tersangka Eggi Sudjana. Pemeriksaan yang berlangsung selama 14 jam itu diwarnai dengan 51 pertanyaan dari penyidik.

“Alhamdulillah (pemeriksaan) baik, sudah selesai pemeriksaan. (Ada) 51 pertanyaan bahas semua yang soal viral itu,” kata Kivlan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat (17/5) dini hari.

Alumnus Akademi Militer (Akmil) 1971 itu menjalani pemeriksaan sejak Kamis (16/5) pukul 11.00 WIB.

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu baru selesai diperiksa pada Jumat pukul 01.30 WIB dini hari. Namun, dia merasa nyaman atas pemeriksaan panjang ini.

‚ÄúSemua enak, dari pihak Polri penyidik ramah tamah dan kita menjawabnya senang dan tenang. Enggak ada apa-apa, enak gitulah. Jadi saya terima kasih sama penyidik, kita ditanya dengan gembira, enggak ada apa-apa,” jelas dia.

Kivlan diinterogasi akibat pernyataan people power yang dilontarkan Eggi Sudjana beberapa waktu lalu. Dia menyerahkan kasus ini kepada polisi dan akan mengikuti proses hukum yang berlaku.

“Harapannya semua tenang dan rapi. Nanti siapa yang menang kita serahkan saja sebagaimana prosesnya. Jadi saya sebagai rakyat bukan orang siapa-siapa. Saya hanya memperjuangkan keadilan dan kebenaran,” ujar Kivlan Zen.

Sementara itu, Eggi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan makar pada Selasa (7/5). Dia terjerat setelah videonya yang menyuarakan people power viral di media sosial.

Selasa (14/5) pukul 23.00 WIB, penyidik menahan Eggi untuk 20 hari ke depan. Eggi disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. (medcom.id/OL-5/Int)