News

Dinkes Tapteng Gelar Penyuluhan Napza dan Tes Urin Kepada Pelajar

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan penyuluhan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza), serta tes urin narkoba di SMK Swasta 11 Muhammadiyah Sibuluan, Selasa (3/9/2019).

“Penyuluhan Napza dan tes urin ini sebagai tindak lanjut instruksi Bupati Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani mewujudkan Tapanuli Tengah bersih dari bahaya narkoba. Rangkaian kegiatan ini melibatkan 454 siswa, terdiri atas siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Siswa kelas XII tidak ikut kegiatan ini karena sedang melaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Hasil tes urin semuanya negatif narkoba,” kata Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Tapteng Nursyam, SKM MKes melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dedi Irama Gulo ST yang melaksanakan kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan bahaya narkoba intens dikampanyekan Bupati Tapteng agar seluruh masyarakat termasuk sekolah-sekolah yang ada di wilayah Tapteng mendapatkan informasi yang benar terkait bahaya Napza guna mewujudkan generasi bersih dari bahaya narkoba.

Pada kesempatan itu, Kepala SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan Dedy Fahri Sahnur Sihotang SPd mengatakan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani saat ini fokus memberantas narkoba di Tapteng.

“Kampanye bahaya narkoba ini kita dukung dan kita sambut baik pelaksanaan penyuluhan Napza dan tes urine di SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan. Saya berharap kepada anak-anak, siswa SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan agar proaktif dalam mendukung program ini,” kata Dedy Fahri Sahnur Sihotang.

Sementara itu, ditempat terpisah Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam SKM MKes menyebutkan penyuluhan Napza dan tes urin ini bertujuan untuk mendeteksi sejauh mana konsumsi narkoba di kalangan pendidikan. Penyebaran narkoba saat ini diduga sudah masuk ke berbagai lini, termasuk ke lembaga sekolah dan ke pelosok wilayah Tapteng.

“Menindaklanjuti arahan Bupati Tapanuli Tengah dalam memberantas bahaya narkoba di Kabupaten Tapanuli Tengah, saya menugaskan kepada Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan saudara Dedi Irama Gulo ST untuk melaksanakan penyuluhan Napza dan tes urin di kalangan pelajar,” kata Nursyam.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak SMK Muhammadiyah 11 Sibuluan yang telah bersedia dan menyambut positif dalam pelaksanaan penyuluhan dan tes urin yang kami laksanakan ini. Program penyuluhan ini akan kami laksanakan semaksimal mungkin agar kalangan pelajar terhindar dari bahaya narkoba. Kita harus bersama-sama melawan narkoba karena narkoba merusak generasi bangsa,” jelasnya. (ztm/osi)