News

Dinkes Paluta Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Puskesmas

FaseBerita.ID – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pendistribusian vaksin Covid-19 ke Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Paluta, Rabu (10/2).

Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengungkapkan pihaknya melakukan pendistribusian vaksin covid-19 kepada 17 Puskesmas dengan pengawalan dari pihak TNI dan Polri.

“Pendistribusian ke puskesmas kita mulai hari ini yang dikawal personil TNI dan Polri,” ujarnya.

Katanya, ada tiga tim yang melakukan pendistribusian ke Puskesmas yang setiap timnya terdiri dari personil TNI, Polri dan petugas dari Dinkes Paluta.

Lanjutnya, pendistribusian vaksin Covid-19 ini dilakukan secara bertahap dan dijadwalkan selesai hingga 12 Februari mendatang.

“Kita jadwalkan pendistribusian selesai pada 12 Februari dan disetiap puskesmas akan langsung dilakukan vaksinasi terhadap Nakes sebagai prioritas,” terangnya.

Ia menambahkan, disetiap puskesmas sudah disiapkan sarana dan petugas untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Masih menurut Afrida, untuk petugas vaksinator, pihaknya sudah menyiapkan 5 orang vaksinator yang sudah terlatih disetiap puskesmas.

“Ada 17 puskesmas ditambah RSUD yang jadi tempat vaksinasi dan setiap puskesmas ada 5 orang vaksinator dan di RSUD ada 10 orang vaksinator terlatih yang disiapkan,” jelasnya.

Dan jumlah vaksin yang didistribusikan ke setiap puskesmas sesuai dengan data Nakes yang akan divaksin serta sudah di entri sebelumnya.

Dan setelah vaksin Covid-19 didistribusikan ke puskesmas, pihak puskesmas dan petugas akan langsung melaksanakan vaksinasi secara bertahap kepada petugas Nakes setempat. (ais/fabe)