News

Dinas Sosial Bantu Kepulangan ke Jambi, 2 Warga Jambi Terlantar di Siantar

FaseBerita.ID – Dua kakak beradik warga Jambi terlantar mulai tanggal 27 Desember 2020 di Kota Pematangsiantar. Namun, dengan bantuan dari Dinas Sosial Kota Siantar, keduanya telah diberangkatkan ke pulang pada Kamis (7/1) pagi melalui Bus Intra jurusan Siantar-Jambi.

Kejadiannya berawal saat keduanya yakni Maya Rumasingap (43) dan adiknya Alpredo Rumasingap (33) yang merupakan tinggal di Jambi ini berangkat ke Serbawalan, Kabupaten Simalungun dalam rangka ziarah ke makam kakeknya. Sebenarnya mereka tidak ada niat untuk berangkat lantaran uang mereka tidak cukup. Hanya sanggup untuk pergi saja. Namun untuk ongkos pulang tidak ada. Akan tetapi, karena pamannya mengaku akan membayar ongkos pulang, sehingga keduanya berangkat dari Jambi. Sedangkan pamannya itu berada di Papua dan mengatakan juga pulang ke Sumatara dan bertemu di Serbalawan.

Setelah sampai di serbawalan dan berziarah, ternyata pamannya itu tidak pulang. Bahkan HP juga tidak aktif. Atas situasi itu, kedua kakak beradik ini jadi bingung. Sebab uang sudah tidak ada untuk ongkos pulang. Sementara keluarga mereka di Serbalawan maupun di Siantar tidak ada.

Pada tanggal 27 Desember 2020 lalu itu selesai ziarah, keduanya memutuskan jalan kaki ke arah Siantar. Mereka pun pergi ke eks terminal Sukadame dan tidur di emperan gedung.

Hingga beberapa hari kemudian, beberapwa seorang warga menemui mereka dan menyarankan agar pergi ke Dinas Sosial. Dan pada Rabu 6 Januari 2021 pagi, keduanya datang ke Kantor Dinas Sosial Kota Siantar yang beralamat di Jalan Dahlia. Di sana mereka bertemu dengan pegawai Dinas Sosial dan meminta tolong supaya dibantu agar bisa pulang Jambi.

Kepala Bidang Sosial Risbon Sinaga dan jajarannya kemudian memberi makan dan membawa untuk beristrahat di rumah singgah yang berada di Komplek Kantor Dinas Sosial. Di rumah singgah tersebut, mereka tidur satu malam dan besoknya, diberangkatkan melalui Bus Intra Jurusan Siantar-Jambi.

Menurut keterangan Kabid Sosial Risbon Sinaga bersama Kasi Rehsos M Novrizal, kedua warga tersebut lengkap identitasnya dan benar warga Jambi. Hanya dulunya, orangtua ibunya berasal dari Serbawalan. Dan keluarga mereka pun tidak ada lagi di Serbawalan.

“Jadi saya berkomunikasi dengan pihak Bus Intra Jurusan Siantar-Jambi agar bersedia membantu membawa kedua warga tersebut. Mereka bersedia membantu membawa ke Jambi. Jadi, kita berterimakasih atas perhatian dari pihak Bus Intra,” ujar Risbon Sinaga. (pra/fabe)