News

Dinas PMD Tapteng Monitoring Desa

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) melakukan monitoring dan evaluasi program Dana Desa Tahun Anggaran 2018 dan 2019 di Kecamatan Manduamas.

Kadis PMD Kabupaten Tapanuli Tengah, melalui Kabid Ekonomi dan Pembangunan Sarana Dinas PMD Tapteng Hendri Haluka Sitinjak STP, mengatakan, Desa Manduamas Lama melaksanakan monitoring program dana desa untuk Tahun Anggaran 2018 dan Tahun Anggaran 2019.

Kades Manduamas Lama, Parlaungan Sihotang mengungkapkan, program dana desa tahun anggaran 2019 di bidang pelaksanakan pembangunan desa, melaksanakan Pembangunan pengerasan Lapis Penetrasi Makadam di Dusun I dan Dusun II, Bimtek Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudes, Bimtek Kader Teknis, Video Pembangunan Desa, Pendidikan Formal, Penyelenggaraan Informasi Publik Desa, Bimtek Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) Berbasis Aplikasi, Lampu Penerangan Jalan Umum (LP JU) di 10 titik, kegiatan peningkatan kesehatan lansia, kegiatan PMTAS Desa untuk peningkatan kesehatan balita, kegiatan pemberian Intensif guru PAUD untuk peningkatan PAUD, dan peningkatan pelayanan kesehatan kader kesehatan masyarakat.

“Sementara bidang pemberdayaan masyarakat, Sosialisasi Hukum dan kegiatan peningkatan pelayanan keagamaan,” ungkapnya di hadapan Kabid Dinas PMD Tapteng.

“Setelah dilakukan pengukuran untuk pekerjaan fisik tahun anggaran 2019, pembangunan perkerasan lapis penetrasi makadam dengan Volume 3 x 200 M di Dusun I dan Pembangunan Perkerasan Lapis penetrasi Makadam dengan Volume 3 kali 183 M di Dusun II, maka dianggap telah selesai dilaksanakan,” katanya saat monitoring di Desa Manduamas Lama, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (22/6/2019).

Kabid mengintruksikan, agar Kades Manduamas Lama segera membuat SPJ-nya agar segera mengajukan pencairan awal bulan Juli ini.

“Dinas PMD pada dasarnya, terus memberikan pendampingan dan pembinaan agar tidak terjadi keterlambatan waktu pencairan nantinya berdampak pada keterlambatan kegiatan fisik dan kegiatan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan Hendri, untuk pengerjaan fisik program dana desa tahun anggaran 2019 yang telah selesai melaksanakan pembangunan adalah Desa Saragih dan Desa Manduamas Lama.

Dan direncanakan untuk pengerjaan fisik harus selesai bulan Oktober di seluruh desa Kabupaten Tapteng, karena di bulan Juli 2020 seluruh desa sudah melaksanakan RKP Desa dan APBDes.

“Selain mengecek kegiatan fisik yang dilaksanakan desa, kita juga monitoring kegiatan lainnya yang menyangkut program dana desa Manduamas Lama,” kata Hendri. (mag-11/han)