News

Dinas Pendidikan, Inspektorat dan DPMN Simalungun Dibobol Maling

Berkas Lama Seberat 3 Ton Raib

RAYA, FaseBerita.ID – Dilaporkan mengalami kebongkaran saat liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, berkas-berkas lama raib dari tiga kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Simalungun yang terletak di Raya.

“Iya, berkas lama saja yang raib dari dalam kantor ketiga OPD tersebut,” terang Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Simalungun, Wasin Sinaga saat dikonfirmasi, Rabu (19/5).

Diketahui, ketiga OPD yang disebut mengalami kebongkaran di antaranya, Dinas Pemberdayaan Maujana dan Pemerintahan Nagori (PMPN), Inspektorat serta Dinas Pendidikan.

“Diperkirakan, ketiga OPD tersebut mengalami kebongkaran saat cuti bersama dalam rangka hari Raya Idul Fitri,” jelas Wasin sembari mengatakan bahwa tiga yang mengalami kebongkaran sudah diketahui Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Ironisnya, barang barang berharga lainnya seperti laptop dan kereta dinas merupakan inventaris dari ketiga OPD yang disebut mengalami kebongkaran tersebut tidak turut raib.

“Di dalam ketiga OPD tersebut ada kereta dinas dan laptop. Namun tidak raib. Kalau mengenai siapa terduga oknum pelakunya, belum tau. Dan belum bisa dipastikan,” kata Wasin.

Selain itu, atas raibnya berkas-berkas lama dari dalam kantor ketiga OPD yang disebut kebongkaran. Pemkab Simalungun telah melaporkan ke Polres Simalungun agar oknum terduga pelaku terungkap,” ujar Wasin.

Informasi diperoleh, ketiga OPD tersebut diketahui mengalami kebongkaran pada hari pertama kerja tepatnya, Senin (17/5). Namun, diungkap dan dilaporkan, Rabu (19/5).

Kemudian, berkas berkas lama yang raib dari ketiga OPD berbeda tersebut lebih kurang seberat tiga ton dan hasil olah TKP dilakukan Polsek Raya, engsel pintu ruang kerja mengalami rusak sudah diperbaiki.

Kapolsek Raya, Iptu Lintong Silalahi saat dikonfirmasi melalui seluler, Rabu (19/5) sekira jam 16.32 WIB membenarkan adanya OPD Pemkab Simalungun kebongkaran.

“Baru tadi diberitahu. Dan tadi sudah dilakukan olah TKP. Hasilnya, sekitar tiga ton berkas lama hilang dan kondisi pintu yang rusak sudah diperbaiki,” kata Kapolsek sembari mengatakan telah menyarankan agar laporan disampaikan langsung ke Polres Simalungun.(esa/fabe)