News

Dinas Koperasi Tidak Punya Data Jumlah Penerima Bantuan UMKM di Siantar

FaseBerita.ID – Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Siantar mengaku tidak mengetahui berapa jumlah pelaku UMKM yang menerima bantuan dari Pemerintah Pusat. Alasannya Dinas hanya sebatas menyerahkan berkas kepada pemerintah pusat.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Jampidan Pasaribu menjelaskan bahwa untuk bantuan terdampak covid-19 khsusnya pelaku UMKM belum ada untuk tahun 2021 ini.

“Untuk tahun ini belum ada informasi. Sehingga belum dibuka pendaftaran,” ujarnya.

Sementara itu saat ditanya berapa jumlah pelaku UMKM yang sudah menerima bantuan pada tahun 2020 lalu? Jampidan mengatakan bahwa pihaknya tidak ada menerima laporan jumlah keseluruhan yang menerima bantuan.

“Dinas Koperasi hanya meneruskan permohonan kepada kementerian. Selanjutnya pihak kementerianlah yang menentukan siapa yang mendapat. Dan bantuan itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima bantuan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Program bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) diberikan pemerintah khusus untuk para pelaku UMKM pada tahun 2020. Pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp2,4 juta bagi para pelaku UMKM yang memenuhi syarat.

Untuk mendapat bantuan tersebut, para pelaku UMKM terlebih dulu menyiapkan sejumlah berkas berupa persyaratan dan kemudian diserahkan ke Dinas Koperasi di daerah masing-masing. Oleh Dinas selanjutnya menyerahkan data tersebut kepada pemerintah pusat. (cps/fabe)

USI