News

Dikejar dari Dolog Masagal, Ditangkap di Silau Kahean

FaseBerita.ID – Lima pria penumpang mobil Xenia BK 1406 WL yang mencoba melakukan pencurian di Perladangan Nagori Raya Huluan Kecamatan Dolok Masagal Kabupaten Simalungun, berhasil dihadang warga saat mencoba melarikan diri ke arah Silau Kahean, Sabtu (23/1).

Namun hanya dua yang berhasil diamankan warga, tiga orang berhasil melarikan diri di hutan sekitar di Nagori Parapat huluan Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun.

Dua orang pelaku dapat diamankan oleh masyarakat di tepi jurang dan di belakang rumah warga itu yakni Erwin Aritonang (24), warga Jalan Dalil Tani Ujung Kelurahan Tomuan Pematangsiantar dan Riando Rajaguguk (18) supir yang beralamat di Jalan Pakis Kelurahan Kebun Sayur Pematangsiantar.

Kapolsek Pamatang Raya Iptu L Silalahi dan Bripka Jhon Susanto Purba menjelaskan, pihaknya menerima informasi dari Jon Purba selaku Kepala Desa Nagori Raya Usang Kecamatan Dolok Masagal Kabupaten Simalungun bahwa telah terjadi percobaan Pasal 365 KUHPidana dengan menggunakan mobil Xenia BK 1406 WL di Perladangan Nagori Raya Huluan Kecamatan Dolok Masagal Kabupaten Simalungun.

Berkat Informasi tersebut Kapolsek Raya Iptu L Silalahi dan Bhabinkamtibmas Joni Susanto Purba berkoordinasi dengan Kapolsek Silau Kahean AKP Jahoras Sinaga dan Kapolsek Raya Kahean AKP Giring Damanik untuk melakukan penghadangan .

Selanjutnya Kapolsek dan anggota melakukan pengejaran bersama masyarakat dari Nagori Raya Usang Kecamatan Masagal dan masyarakat dari Nagori Silau Buttu Nagori Kariahan Bongguran Kecamatan Raya menuju arah Silau Kahean dan Raya Kahean.

Berkat kepedulian dan kerjasama dalam memberantas kejahatan, naas buat para terduga pelaku tepatnya di Dusun Prapat Huluan Nagori Simanabun Kecamatan Silau Kahean kenderaan para pelaku dihadang dengan cara memalangkan mobil jenis Taft Badak di Simpang Bombongan Prapat Huluan Nagori Simanabun Kecamatan Silau Kahean.

Ssehingga para pelaku tidak dapat melanjutkan perjalanan setelah Mobil Xenia yang dikendarai oleh Riando menabrak tiang listrik dan para pelaku melarikan diri.

Namun berkat kesiapan masyarakat dua orang pelaku dapat diamankan yakni Erwin Aritonang Riando Rajaguguk. Namun tiga pelaku lain yang melarikan diri ke arah hutan di Nagori Parapat Huluan Kecamatan Silau, nama dan identitas telah dikantongi oleh petugas kepolisian.

Kedua korban yang ditemukan sempat diamuk massa, namun Anggota Polsek Silau Kahean segera mengamankan ke markas kepolisian Polsek Silau Kahean. Selanjutnya kepolisian menjemput Pegawai Puskesmas dan melakukan perawatan terhadap luka luka yang dialami kedua pelaku.

Saat ini pelaku telah dijemput oleh Kapolsek Raya Iptu L Silalahi bersama Bripka Jhon Susanto Purba untuk diamankan di Polsek Raya guna mengikuti proses hukum selanjutnya sedangkan barang bukti mobil Xenia dalam keadaan rusak parah di amankan di Polsek Silau Kahean. (rel/fabe)