News

Dikdas Tapsel Launching Aplikasi Buku Induk Siswa

TAPSEL, FaseBerita.ID – Dalam rangka memenuhi ketersediaan aplikasi dan jaringan yang mendukung pembuatan Sistem Informasi Buku Induk Siswa (SIBIS), Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Tapsel launching Aplikasi Buku Induk Siswa (ABIS) di SDN 101113 Sayurmatinggi dan SDN 101504 Basilam Baru, Angkola Muaratais, Rabu (21/8/2019) lalu.

“Selain itu, juga untuk ketersediaan konten pengisian pusat data (database) dan tentunya adanya cara yang sistematis, aman, cepat, dan akurat dalam menyiapkan analisis, laporan pemantauan dan evaluasi perkembangan kebijakan serta telaahan mengenai Pendataan Siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan Daerah Tapsel Amros Karangmatua melalui Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Enrico Fermi Batubara, Kamis (22/8/2019).

Dijelaskan, melalui aplikasi ini, juga diharapkan penggunaan pusat data yang lebih kontiniu atau berkelanjutan, sistematis, aman, cepat, dan akurat di lingkungan Dinas Pendidikan di daerah itu.

“Dalam tahap ini, pusat data berbasis web yang telah dikerjakan dalam tahap jangka pendek direncanakan terintegrasi dengan DAPODIKDASMEN. Program ini juga turut mendukung penggunaan aplikasi secara offline agar dapat diakses oleh seluruh sekolah di Kabupaten Tapanuli Selatan, serta tersedianya SOP Penggunaan Sistem Informasi Buku Induk Siswa di Dinas Pendidikan,” terangnya.

Ditegaskan, sistem informasi ini merupakan satu kesatuan pusat data berkesinambungan yang berfungsi sebagai sarana atau sumber informasi atau data yang digunakan untuk menyiapkan analisis, laporan pemantauan dan evaluasi perkembangan kebijakan serta telaahan terhadap data siswa di Tapsel. (ran)

iklan usi