News

Dihadang Polisi Usai Belanja Sabu

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Polisi menangkap dua pria yang sedang mendorong sepedamotor saat melintas dari Jalan Sutoyo Siswomiharjo. Dari tangan keduanya, berhasil disita barang bukti narkoba berupa 1 paket sabu-sabu.

Adalah AN alias U (37) dan RASL alias R (27), keduanya merupakan warga Kelurahan Sibuluan Indah Tapteng, langsung digelandang ke Mapolres Sibolga, guna pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Kapolres Sibolga AKB Edwin Hariandja, melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, penangkapan keduanya bermula dari adanya informasi masyarakat yang diterima.

“Setelah kita terima informasi dari masyarakat, kita langsung melakukan penyelidikan,” kata Sormin, Sabtu (7/9/2019).

Setelah dilakukan pengintaian, petugas melihat target sedang melintas di Jalan Sutoyo Siswomiharjo dengan mendorong-dorong sepedamotor yang mogok, Selasa (3/9/2019) sekira pukul 13.00 WIB lalu. Tanpa pikir panjang, polisi langsung membekuk keduanya. Dari tangan AN ditemukan Sebungkus rokok, dimana di dalam bungkusan rokok tersebut ditemukan 1 paket sabu-sabu terbungkus plastik bening. “Kemudian, disita juga 2 unit HP dari kedua tersangka, serta menyita 1 unit Kawasaki Ninja warna biru BM 2243 UD,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan di Polres diketahui, sebelumnya kedua buruh bangunan tersebut baru saja belanja sabu dari daerah Sibolga Julu. Tak hanya itu, keduanya sempat mengonsumsi sebagian sabu yang dibeli di lokasi pembelian sabu, di dekat sebuah kolam di Jalan IL Nommensen Sibolga Julu.

“Sekira pukul 11.30 WIB, waktu mereka kerja bangunan, mereka berencana untuk mengkonsumsi sabu-sabu. Keduanyapun patungan, masing-masing Rp150 ribu. Sehingga terkumpul Rp300 ribu. Setelah itu, keduanya berangkat menuju Sibolga Julu belanja sabu. Merek beli paket yang Rp300 ribu. Keduanya kemudian mengonsumsi sebagian sabu-sabu dengan menggunakan alat hisap atau bong yang berserakan didekat sebuah kolam,” ungkap Sormin.

Usai mengonsumsi sabu, keduanya kemudian pulang dengan membawa sisa sabu dengan memasukkannya ke dalam kotak rokok. Di tengah jalan, sepedamotor yang mereka tumpangi mogok karena kehabisan bahan bakar.

Keduanya lalu mendorong sepedamotor tersebut sambil mencari tempat pengisian bahan bakar. Namun apes, sebelum menemukan SPBU, keduanya ditangkap polisi dan digelandang ke Mapolres Sibolga. “Dari hasil tes, urine keduanya terbukti positif mengandung amphetamine,” pungkasnya.

Kini, keduanya ditahan di RTP Polres Sibolga. Atas perbuatannya, keduanya dikenakan pasal 114 ayat 1, Subsider pasal 112 ayat 1, Jounto pasal 132, dari undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)

iklan usi