News

Digerebek, Ratusan Botol Kecap Palsu Diamankan

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Satreskrim Polres Kota Padangsidimpuan mengamankan sejumlah karung berisi ratusan botol kecap dari salahsatu toko di Jalan Raja Inal Siregar, Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Senin (19/8/2019) lalu. Penggerebekan dilakukan karena pemilik toko diduga memalsukan merk.

Diketahui, pemilik toko bernama Riski Muharram membuat olahan kecap asin sendiri. Olahan ini kemudian dikemasnya ke dalam botol bekas dan kosong yang telah disediakan.

Riski kemudian menempelkannya dengan label merek dagang sesuai dengan P-IRT nomor 1111407128054-20 yang bukan milik usahanya. Melainkan atasnama Yenni Hartati yang dikeluarkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokon Hulu, sesuai dengan keterangan polisi.

Nomor ini dikeluarkan tertanggal 14 Januari 2019 dengan merek Sinar Gemilang cap Panah Tiga. Namun kecap yang diproduksi Rizki berlabel merek Cap Salak.

Merek Cap Salak ini kemudian dijual ke sejumlah toko dan konsumen.

“Iya benar. Kita sedang dalam pendalaman ini,” terang Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan AKP Abdi Abdillah, Rabu (21/8/2019) kepada wartawan.

Satreskrim Polres Kota Psp sebelumnya juga telah membuat gelar perkara bertujuan untuk menentukan pasal yang dipersangkan terhadap pelaku serta langkah-langkah yang perlu diambil oleh mereka.

Sementara ini, polisi masih mempersangkakan Rizki dengan Pasal 263 KUHPidana tentang pemalsuan surat dan atau pasal 100 UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang merk dan indikasi geografis.

Sebagai barangbukti, polisi mengamankan botol kosong, label beserta bahan-bahan keperluan lainnya. (san)