News

Diaspal di Tengah Guyuran Hujan, Aspal Terminal Tipe A Didesak Bongkar

FaseBerita.ID – Terkait Terminal Tipe A Sibolga yang diaspal di tengah hujan deras mendapat tanggapan dari LSM Pemantau Pembangunan Indonesia (P2i).

Melalui Sekretaris P2i Sibolga, Coki Manullang meminta agar aspal yang dikerjakan saat hujan tersebut segera dibongkar. Karena menurutnya, aspal tersebut tidak akan bertahan lama.

“Gimana mau bertahan lama, diaspal saja saat hujan. Tentu kualitas aspal sudah berkurang saat dihampar. Panas aspal sudah tidak sesuai lagi. Kalau saran kami, hari dibongkar. Kemudian, diaspal kembali sesuai dengan kualitas yang direncanakan,” kata Coki, Minggu (13/12).

Baca juga: Terminal Tipe A Sibolga Diaspal saat Hujan: “Tak Ada Pengawas dan Plank Proyek”

Tak hanya itu, dia juga meminta pihak dinas terkait untuk melakukan pengawasan pada masa pengerjaan proyek. Termasuk, memastikan pihak rekanan memasang plank proyek sebagai informasi kepada masyarakat.

“Harusnya, dinas terkait menempatkan pengawas di proyek tersebut, supaya rekanan lebih serius dan maksimal dalam mengerjakannya. Kalau salah, ditegur, bukan didiamkan. Apalagi, plank proyek pun gak ada dipasang. Apakah memang aturannya begini. Harusnya, pasang plank proyek dulu baru dikerjakan,” ketusnya.

Coki menegaskan, pihaknya akan segera menyurati pihak Kementerian Perhubungan, Direktorat Perhubungan Darat BPTD wilayah II Provinsi Sumatera Utara terkait temuan tersebut.

“Rekaman videonya lengkap, gimana mereka mengaspal saat hujan deras. Kita akan surati kementerian, akan kita sampaikan semua. Karena ini masih dalam masa pengerjaan, maka fungsi kontrol sosial kita jalankan,” tegasnya. (ts/fabe)