News

Diantik Jadi Ketua Ihutan Bolon Garingging, JR Saragih Ajak Dukung Bupati Terpilih

RAYA, FaseBerita.ID – Dr JR Saragih SH MM mengajak keluarga besar Saragih Garingging untuk mendukung program Bupati Simalungun yang baru. Karena JR percaya, niat bupati yang baru juga sama dengan niatnya membangun Simalungun.

Hal tersebut disampaikan JR Saragih, bupati Simalungun dua periode yang akan berakhir masa jabatannya pada 21 April mendatang, saat menyampaikan sambutan usai pada acara patappei sihilap (pelantikan, red) menjadi ketua umum Ihutan Bolon Saragih Garingging, Boru Pakon Panogolan, Jumat (16/4/2021) di Pematang Raya. Acara patappei sihilap ini dilanjutkan dengan syukuran 10 tahun masa pemerintahan JR Saragih yang akan berakhir masa jabatan periode keduanya pada 21 April mendatang.

Dalam acara yang dihadiri para Tondong, yakni marga Damanik, Purba Dasuha, Purba Pak-pak, Purba Sidadolog, Sembiring dan Tarigan ini, JR Saragih juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga besar Saragih Garingging. Di mana dalam masa pemerintahannya selama dua periode, tidak semua keinginan Garingging, Boru Panogolan terakomodasi. Disadarinya, dari awal hingga akhir, keluarga besar Saragih Garingging lah yang mendukung dan bekerja keras memperkenalka dirinya hingga dikenal masyarakat. Namun menjadi Bupati Simalungun, JR Saragih menyadari harus menjadi pemimpin Simalungun menyeluruh.

“Kalau ada tutur kata yang salah, janji yang belum kesampaian, saya meminta maaf. Saya menyadari masih banyak kekurangan. Tapi jangan lihat masa lalu, mari kita pikirkan masa depan. Apa yang akan kita buat untuk Tanoh Habonaron Do Bona,” kata JR Saragih.

Secara khusus JR Saragih menyampaikan salam hormat dan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukungnya mulai periode pertama dan kedua.

JR Saragih mengibarkan bendera Ihutan Bolon Saragih Garingging.

“Terimakasih Partai Demokrat. Terimakasih Pak SBY. Terimakasih Lae Hincha Pandjaitan. Periode kedua saya diusung Partai Demokrat. Saya minta maaf kepada Pak Wakil Amran Sinaga. Salam hormat kepada keluarga besar Sinaga,”katanya.

Secara khusus kepada keluarga besar Saragih Garingging, JR Saragih mengajak untuk bersama-sama membuat yang terbaik kepada Kabupaten Simalungun. Jangan melihat kesalahan masa lalu, tetapi memikirkan apa yang akan dibuat ke depan untuk Simalungun.

“Saya mohon maaf jika ada sanina dan botou yang tidak hadir hari ini disini. Tidak ada niat kita untuk memisah-misahkan kita. Kita harus satu dan saling memaafkan. Mari kita jadikan Garingging ini Garingging semangat yang baru. Yang sudah biar lah berlalu. Yang akan datang mari kita perbaiki,” kata JR Saragih.

“Saya mengajak kita semua. JR berakhir, Simalungun punya bupati baru. Saya mengajak semua mendukung kebijakan-kebijakan bupati terpilih. Saya percaya bupati terpilih juga mempunyai niat yang sama membangun Simalungun. Saya mengajak keluarga besar Garingging untuk mendukung bupati terpilih,”

Dalam kesempatan itu JR Saragih dan keluarga mohon pamit sebagai bupati Simalungun dan meminta doa agar tetap dapat berbuat terbaik membawa nama Simalungun di tengah-tengah Negara Indonesia.

Dalam kesempata ini, para undangan menyampaikan kesan dan pesan serta ucapan selamat sebagai ketua Ihutan Bolon Saragih Garingging Boru Panogolan dari tokoh agama, tondong, keturunan raja Sapadang Tebing Tinggi, Forkopimda, Raja Marpitu, PMS, Pejuang JR Saragih dan para sahabat JR Saragih.

Sebelum nya, cuplikan yang menggambarkan perjalanan JR Saragih sebagai bupati Simalungun dua periode diputar.

Ketua Acara Pelantikan Sai Horasman Saragih bersama panitia dan pengurus IHBSGBP.

Ziarah ke Makan Tuan Rondahaim Saragih

Acara patappei sihilap diawali dengan ziarah ke makam pejuang daerah Tuan Rondahaim Saragih di Pematang Raya yang dimulai Pukul 06.00 WIB. JR Saragih bersama keluarga besar Saragih Garingging melakukan ziarah yang dipimpin Guru Raya Jonam Purba.

Hadir juga utusan para partuanon Garingging di bawah pemerintahan Kerajaan Raya pada zaman dahulu.(rel/fabe)

USI