News

Di Tapteng, 70 Persen Perolehan Suara Direkapitulasi

TAPTENG, FaseBerita.ID – Hingga memasuki hari ketiga pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang dilaksanakan di GOR Pandan, sudah sekitar 70 persen hasil perolehan suara telah selesai direkapitulasi.

Dari 20 Kecamatan, 14 formulir model DA1 telah selesai direkapitulasi dan dibacakan, di antaranya Kecamatan Tapian Nauli, Pinangsori, Tukka, Sukabangun, Sarudik, Barus Utara, dan Lumut. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng menjadwalkan pelaksanaan rekapitulasi yang dimulai Selasa (30/4), akan selesai Jum’at (3/5).

“Sudah 14 kecamatan. Target 4 hari selesai,” ujar Komisioner KPU Tapteng Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Feri Yosha Nasution, melalui aplikasi WhatsApp, Kamis (2/5).

Feri menjelaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 mengagendakan pembacaan hasil DA1 dari setiap kecamatan, berurutan dari hasil Pilpres hingga DPRD Kabupaten/Kota, Ia mengatakan jika dipersentasekan, pelaksanaan sudah mencapai sekitar 70 persen.

“Kita akan upayakan rekapitulasi 20 kecamatan selesai Jum’at,” kata Feri dalam keterangan tertulisnya.

Terkait kendala yang dihadapi, mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Tengah itu menyebutkan tidak ada yang terlalu signifikan. Kendala yang muncul hanya berupa perbedaan data DA1 dengan data yang dimilik saksi. Jika hal itu terjadi, KPU Tapteng dengan segera merespon tanggapan yg dilakukan oleh saksi dan Bawaslu.

“Insya Allah, sejauh ini tidak ada kendala. Hanya apabila ditemukan perbedaan angka antara data yang dibacakan oleh PPK melalui DA1 dan data yang diperoleh saksi peserta pemilu dan Bawaslu tapteng, maka akan dilakukan perbaikan,dengan menyandingkan setiap data yg dimiliki saksi peserta pemilu,” pungkasnya.

Pantauan NEW TAPANULI, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), berjalan dengan lancar. KPU Tapteng, PPK, Bawaslu dan saksi berkoordinasi mensinkronkan data perolehan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden serta perolehan suara caleg dan partai politik. Disisi lain, pihak kepolisian tetap melaksanakan pengamanan secara ketat. (ztm)

iklan usi