News

Di Siantar, Hampir Semua Traffic Light Tak Berfungsi…

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sejumlah traffic light atau yang biasa disebut lampu merah (rambu lalu lintas) di Kota Pematangsiantar tidak berfungsi. Alhasil, para pengendara kebingungan hingga menjadi tak disiplin saat melintas di persimpangan traffic light.

Amatan wartawan, beberapa traffic light tidak ada satu pun lampu yang hidup. Jika ada yang menyala, hanya warna kuning saja. Sementara lampu merah dan hijau tidak hidup alias padam.

Seperti di persimpangan Jalan Ahmad Yani (Taman Makam Pahlawan), kemudian persimpangan Jalan Medan-Ahmad Yani-Sisingamangaraja-H Ulakma Sinaga (Rambung Merah), persimpangan Jalan Pendeta Justin Sihombing-Ahmad Yani (BDB), persimpangan Jalan Bali-Pendeta J Wismar Saragih-Sisingamangaraja, persimpangan Jalan Sangnaualuh/Asahan-Pendeta Justin Sihombing (Sambo) dan masih banyak lagi. Traffic light di beberapa persimpangan itu tidak berfungsi dengan baik.

Sejumlah pengendara yang melintas di persimpangan Taman Makam Pahlawan kebingungan dan nyaris bersenggolan. Apalagi beberapa pengendara tidak ada yang mengalah, membuat persimpangan jadi semrawut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar Esron Sinaga saat dikonfirmasi mengakui bahwa sejumlah traffic light mengalami kerusakan.

“Lampu merah di Kota Siantar hampir semuanya menggunakan solar cell (tenaga surya). Nah tentu ada baterai yang dipasang. Dan setelah di cek, ternyata baterainya sudah banyak yang hilang,” ujarnya.

“Kita tidak tau siapa yang mencuri. Makanya ke depan tempat pemasangan baterainya akan ditinggikan. Jelas memang, kalau baterainya tidak ada. Maka traffic light tidak berfungsi karena menggunakan tenaga surya,” jelas Esron Sinaga.

Baterai tersebut menurut Esron telah dipesan ke Jogja agar secepatnya diganti.

Esron menerangkan, baterai tersebut harus dipesan dari daerah Jogja dan harganya juga mahal. “Puluhan jutalah harganya,” kata Esron.

Ia mengimbau kepada masyarakat supaya bersabar menunggu adanya perbaikan. Serta tetap berhati-hati saat berkendara khususnya di persimpangan yang ada dipasang traffic light. (pra/des)