News

Di Padang Lawas, Dana BOP PKBM Tidak Cair

FaseBerita.ID – Dana Bantuan Operasional Pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (BOP PKBM) di Kabupaten Palas tahun ajaran 2019 tidak kunjung cair. Dampaknya, belasan pengelola kegiatan mengajar belajar kesetaraan paket A, B dan C ini mengeluh.

Informasi yang dihimpun dari salah seorang pengelola PKBM, persyaratan pengajuan sudah dipenuhi. Sampai pembukaan rekening sudah dilakukan. Namun hingga pertengahan tahun 2020 ini, dana BOP TA 2019 itu belum juga dicairkan.

“Ini masa belum cair, kita kan rugi. Karena PKBM semua yang menanggung, termasuk biaya siswa dan guru,” kata salah seorang pengelola PKBM yang enggan disebutkan namanya.

Pihak pengelola tidak mengetahui alasannya, kenapa belum cair. Biasanya, tahun sebelumnya dana sudah masuk ke rekening PKBM, begitu proposal pencairan diajukan, sesuai pemenuhan persyaratannya.

“Kami tidak tahu persis, kenapa BOP kesetaraan belum bisa juga dicairkan. Padahal, semua persyaratan sudah dipenuhi. Kami berharap, Disdik secepatnya mencairkannya,” pungkas pengelola PKBM ini.

Sementara Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Palas Hj Rosidah Pulungan yang beberapa kali ditemui di kantornya terkesan berbelit. Dan memang mengakui dana BOP ratusan juta per PKBM itu sudah ada di Kas Daerah sejak 2019 lalu.

Hanya saja, belum bisa dicairkan menurut Plt kadis yang sebelumnya Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS), bidang yang mengelola kegiatan ini, disebabkan adanya beberapa PKBM yang belum memenuhi persyaratan.
“Dan itu semua datanya ada di (mereka, red) PLS. Saya tidak tahu,” jelas Rosidah.

Plt Kadis ini juga tidak bisa memastikan, kapan dana BOP itu bisa dicairkan. Dari daftar PKBM di dinas pendidikan, ada 16 PKBM yang terdaftar. Hanya saja Plt Kadis memastikan, akan diproses seiring persyaratan pencairan dana telah dipenuhi PKBM.

“Inilah, kita tunggu gimana mereka (bidang PLS, red),” tandasnya. (tan)D