News

Di Dusun Sungai Rodang Paluta 35 Rumah Masih Terendam Banjir

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat jumlah penduduk terdampak banjir di Desa Pagaran Tonga, Dusun Sungai Rodang, Kecamatan Simangambat sebanyak 35 kepala Keluarga (KK).

Kepala BPBD Paluta Khairul Harahap melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Imran Affandi Siregar ketika dikonfirmasi, Selasa (28/4) sekira pukul 16.00 WIB mengatakan hujan deras sekitar dua hari yang lalu diduga merupakan pemicu banjir serta meluapnya Sungai Barumun yang melintasi wilayah itu.

Tambahnya, Selasa (28/4) air sudah mulai berangsur surut dan sekarang ini akses jalan menuju lokasi banjir berkisar setinggi 50 sentimeter. Sedangkan akses jalan utama menuju kecamatan Simangambat yang juga sempat tergenang air sudah bisa dilewati kendaraan. “Kondisi air perlahan sudah mulai surut dan sudah bisa di lalui kendaraan,” katanya.

Dikatakannya, banjir yang menggenangi Dusun Sungai Rodang merupakan langganan banjir setiap tahunnya, khusunya pada saat musim penghujan tiba.

“Kami di sini bersama TNI POLRI dan juga tim medis dari Dinas Kesehatan Paluta serta pihak kecamatan sedang membantu warga dan juga sudah mendirikan tenda darurat dan posko kesehatan,” jelas Imran.

Namun demikian, Imran mengimbau warga agar tetap waspada menghadapi cuaca extrem saat ini, khususnya pemukiman yang berada di DAS (Daerah Aliran Sungai) Barumun dan Sungai Batang Pane serta daerah rawan longsor terlebih bagi pemukiman yang rentan tergenang air saat hujan datang.

 

USI