News

Desa Parsingguran II di Humbahas jadi Kampung Tangguh

HUMBAHAS, FaseBerita.ID –  Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas) AKBP Ronny Nicolas Sidabutar meresmikan Desa Parsingguran II, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas) menjadi Kampung Tangguh, Rabu (24/2) lalu.

Kegiatan diawali dengan gunting pita peresmian ruang isolasi Kampung Tangguh, Rabu lalu.

Ronny menjelaskan, Kampung Tangguh bertujuan sebagai media penggerak masyarakat untuk penanganan Covid-19 dan kejahatan lainnya, seperti narkoba dan radikalisme.

Hal itu juga merupakan program Perioritas Kapolri dalam pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19.

Nantinya, aparatur desa, Babinsa dan Bhabinkamtimas memegang peranan penting dalam penanggulangan Covid-19.

Selain memberikan contoh , kampung tangguh juga dibentuk untuk meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat Desa Parsingguran II. Penerapan ketahanan pangan melalui konsep “urban farming” di lahan terbatas, berupa cocok tanam sayuran hingga ternak.

“Jadi, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Desa Parsingguran II yang mendukung terbentuknya Kampung Tangguh sebagai partisipasi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran dan pencegahan Covid-19. Serta menjadi solusi berbagai bidang ekonomi, sosial dan keamanan, sehingga menjadi nilai dan semangat gotong royong,” katanya.

Dengan pendirian kampung tangguh, diharapka dapat mengedukasi masyarakat akan bahaya radikalisme serta pentingnya toleransi keberagaman pada masyarakat.

“Kami menerapkan konsep problem oriented policing. Jadi, Bhabinkamtibmas dibantu Babinsa juga akan mengajarkan cara menyelesaikan masalah yang berorientasi seperti sistem dalam Kepolisian,” terangnya.

Ronny juga meminta Puskesmas dan Dinas Kesehatan untuk aktif melakukan 3 T (Testing, Tracing, Treatment) serta tetap laksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Ronny menyebutkan, ke depan rencananya akan ada 26 kampung tangguh di Humbahas. (sht/fabe)

USI