News

Desa Buntu Pane Wakili Sumut Ikut Lomba Tingkat Nasional

KISARAN, FaseBerita.ID – Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu, Pane Kabupaten Asahan, menjadi duta Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti lomba tingkat nasional dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXVI Tahun 2019, setelah berhasil memperoleh piala Pakarti Utama II.

Piala Pakarti Utama adalah penghargaan yang diberikan kepada pemenang juara I tingkat nasional untuk berbagai inovasi, dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. Sedangkan, Desa Buntu Pane berhasil meraih juara pada kategori Lomba Pelaksana Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon mengatakan, penghargaan ini didapat melalui usaha TP PKK Desa Buntu Pane, setelah didukung secara maksumal oleh seluruh pihak terutama ketua TP PKK Asahan Hj Winda Fitrika, sewaktu masih menjabat.

“Hal ini diperoleh berkat usaha TP PKK Desa Buntu Pane yang mendapat dukungan dari semua pihak, terutama oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan yang saat itu dijabat Hj Winda Fitrika,” kata Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon kepada wartawan, Jumat (5/7/2019).

Keputusan pemenang diketahui setelah Desa Buntu Pane menerima salinan Keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat No.13/KEP/PKK.Pst/VII/2019 Tentang Penetapan Pemenang Lomba Pelaksana Terbaik Lomba PHBS di Rumah Tangga Tingkat Nasional.

Manten Simbolon juga berharap, semoga hasil yang mereka peroleh saat ini dapat mereka pertahankan dan tetap dilaksanakan masyarakat dalam kesehariannya.

Sementara itu, Pemkab Asahan melalui Kadis Kominfo H Rahmad Hidayat Siregar mengucapkan selamat kepada Desa Buntu Pane dan TP PKK untuk pencapain yang luar biasa ini, dan diharapkan agar terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai.

“Memang diakui usaha tersebut merupakan kinerja maksimal dari TP PKK dimana saat itu masih diketuai Umi Winda. Atas hasil ini, Pemkab Asahan tentunya sangat bangga dan berharap prestasi ini bisa dipertahankan,” ujarnya.

Adapun desa yang memenangkan lomba tersebut yakni Pakarti Utama I Desa Tulun Kakan Provinsi Lampung, Pakarti Utama II Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara, dan Pakarti Utama III Desa Tritih Wetan Provinsi Jawa Tengah. (per/ahu)