News

Derita Kanker Usus Nek Sumairah Butuh Uluran Tangan

ASAHAN, FaseBerita.ID – Nek Sumairah (58), warga Dusun V Desa Danau Sijabut, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan menderita kanker usus stadium empat, membutuhkan uluran tangan untuk biaya perobatan dan perawatan lanjut.

Penyakit yang dialaminya sejak tahun 2017 itu tak kunjung sembuh meski saat ini pihak keluarga terus mengupayakan kesembuhannya dengan mengandalkan BPJS Kesehatan.

Saat ini, Nek Sumairah sudah ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam dan telah dipasang selang alternatif agar bisa buang air lewat jalan operasi beberapa waktu lalu di Rumah Sakit Adam Malik Medan serta penjalani perawatan tingkat lanjut.

Darso (62), suami dari Sumairah menceritakan mulanya istrinya itu sering mengalami pendarahan saat buang air besar dan berlangsung lama. Saat itu dia tak mampu membawa istri cepat berobat dengan alas an keterbatasan ekonomi yang hanya mengandalkan usaha tambal ban.

“Kami kekurangan biaya untuk dana pendamping, bila menjalani perawatan inap di RS kami harus kumpul sejumlah uang dari sanak saudara,” kata Darso didampingi anaknya Dewi saat disambangi para wartawan di kediamannya, Rabu (21/8/2019).

Menurut keluarga, kondisi Sumairah saat ini hanya bisa menghabiskan waktu pada baringan tempat tidur dan kursi roda meski tetap menjalani perawatan medis lanjutan.

“Kami sudah melakukan perobatan baik medis dan herbal. Untuk tindakan medis lanjutan, selain kekurangan biaya untuk pendamping, istri saya juga kondisi agak lemah. Sehingga dilakukan perobatan alternatif,” jelas Darso.

Sumairah tak bisa lagi keluar rumah. Ibu delapan anak ini masih dipusingkan biaya pendukung dan pendamping perobatan. Sudah banyak harta mereka didalam rumah yang dijual untuk biaya perobatan sejak
Darso juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih memusingkan biaya pendamping.

Sehingga dia mengharapkan perhatian pemerintah, dan para donatur. Dan berharap tenaga medis Puskesmas untuk selalu rutin meninjau kesehatannya, karena saat ini istrinya tidak mampu untuk banyak bergera.

“Saya sangat berterimakasih segala bentuk perhatian dari wartawan yang sudah peduli. Terus terang saya tak mampu berjuang sendiri menghadapi cobaan bersama istri saya ini,” ujarnya lirih sembari menerima sedikit bantuan yang tunai yang diserahkan oleh jurnalis dari Kisaran. (per/rah)