News

Dedi dan Badikenita Diprediksi Lolos: DPD RI Asal Sumut Bakal Diisi Dua Wajah Baru

MEDAN, FaseBerita.ID – Perebutan empat kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia asal Sumatera Utara (Sumut) tak kalah sengit pada Pemilu serentak 2019.

Dua calon petahana, diprediksi bakal melenggang mulus yakni Dedi Iskandar Batubara dan Beikenita Sitepu Sedangkan dua lainnya, Parlindungan Purba dan Damayanti Lubis kemungkinan bakal sulit mempertahankan kursinya.

Berdasarkan real count yang dilakukan DIB Center, posisi Dedi Iskandar Batubara sejauh ini masih di urutan pertama dari 18 calon lainnya. “Data yang sudah masuk sekitar 2 juta suara, namun untuk presentasenya saya tidak ingat berapa. Datanya ada di kantor sama operator kita,” kata Ketua Tim Pemenangan Dedi Iskandar Batubara, Rusli Damanik menjawab Sumut Pos, Minggu (5/5).

Rusli mengaku tidak berani lagi membagikan hasil real count dari DIB Centre, lantaran banyak calon lain komplain. Bahkan disebut Rusli, salah seorang calon DPD saat ini ada yang melakukan gugatan ke Bawaslu Sumut karena kompetitor mengklaim meraih perolehan suara tertinggi.

“Cuma kami tidak tahu, apakah gugatan itu ada dimaksudkan kepada kami atau tidak. Namun data yang kami peroleh itu berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK sampai kabupaten/kota. Apalagi informasinya sudah 15 kabupaten/kota yang selesai. Dan besok (hari ini, Red) sudah rekap tingkat Sumut,” ungkapnya.

Dari informasi yang diperolehnya saat mengawal rekapitulasi suara mulai tingkat kelurahan sampai kabupaten/kota, Dedi Iskandar Batubara sedari awal sudah menempati posisi teratas. Kemudian disusul Pdt WTP Simarmata, Badikenita BR Sitepu, M Nuh, Faisal Amri, dan Abdul Hakim Siagian. “Pdt WTP masih ada di posisi dua. Termasuk safe posisinya bersama Dedi Iskandar. Badikenita juga besar suaranya.

Seperti di Karo, dia bisa dapat 100 ribu, Langkat 56 ribu, dan tempat lain ada yang 5 ribu. Jadi dia punya kans. Disusul tiga lainnya, M Nuh, Faisal Amri dan Abdul Hakim Siagian juga berpeluang mendapat tempat terakhir. Data tersebut dari real count kami sendiri ya, bukan berarti untuk diklaim pihak lain. Dan kami jugakan selalu tanyakan dengan PPK di lapangan, siapa-siapa saja yang berpotensi duduk dari DPD. Hasilnya banyak bilang begitu,” katanya.

Mendapat informasi dari Tim Pemenangan DIB ini, Sumut Pos lantas coba mengonfirmasi kans calon petahana lain, Darmayanti Lubis. Dalam sambungan telepon, Darmayanti tampak tak antusias mendapat pertanyaan tersebut.

“Jangan sekarang ditanyakanlah soal hasil. Inikan masih rekapitulasi kabupaten/kota. Nanti saya klaim kalah nyatanya menang, sebaliknya kalau saya klaim menang terlalu percaya diri pula saya,” katanya.

Sementara calon petahana lain, Parlindungan Purba yang juga coba dikonfirmasi, tidak berkenan memberi keterangan hingga berita ini dikirimkan ke redaksi. Bahkan saat dikonfirmasi via L/O atau narahubung Parlindungan, Silvester pun tidak menemui jawaban.

Seperti diketahui, terdapat 19 calon DPD RI asal Sumut yang bertarung di Pemilu 2019. Dari 19 orang tersebut, empat orang diantaranya merupakan calon petahana. Yakni, Darmayanti Lubis, Parlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara dan Badikenita BR Sitepu. Khusus nama terakhir, masuk sebagai anggota DPD RI asal Sumut periode 2014-2019 melalui pergantian antar waktu (PAW) Rijal Sirait, akibat tersandung kasus hukum. (prn)

USI