News

Debat Publik Pilkada Simalungun Putaran Kedua, Paslon HARUS Tampil Meyakinkan

FaseBerita.ID – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun H Anton Achmad Saragih dan Rospita Sitorus mengikuti rangkaian acara Debat Publik Putaran Kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun di Hotel Patra Comfort Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Selasa (1/12/2020).

Dalam debat tersebut, Paslon H Anton-Rospita Sitorus (HARUS) menyampaikan visi-misi untuk menyelesaikan persoalan daerah di Kabupaten Simalungun dengan 4 program prioritas.

“Ada 4 persoalan daerah yang akan kami selesaikan melalui 4 program prioritas, yaitu infrastruktur, pelayanan masyarakat, pertanian, dan lapangan kerja,” kata H Anton.

Dalam menjawab pertanyaan panelis terkait mengatasi radikalisme di Simalungun, Pasangan HARUS berkomitmen membangun komunikasi yang baik dengan para tokoh agama, adat, pemuda dan mengoptimalkan pengetahuan 4 pilar negara.

“Simalungun dianugerahi keberagamaan suku, agama, dan budaya. Radikalisme tidak akan ada di sini karena kami akan membangun komunikasi yang baik dengan para tokoh agama, adat, pemuda. Kami juga akan mengoptimalkan pengetahuan pilar negara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkas H Anton.

Dalam menjawab persoalan pencegahan dan penanganan covid-19, paslon nomor urut 4 tersebut akan membuat peraturan daerah agar masyarakat dapat patuh dan mendapatkan sanksi.

“Kami akan membuat perda. Hal ini penting karena selama ini hanya imbauan saja. Jadi, masyarakat biasa saja. Harus ada ketegasan agar masyarakat patuh dan mau bekerjasama dalam mencegah penyebaran covid-19 di Simalungun,” ungkap Rospita.

Pasangan HARUS juga akan menerapkan konsep competitive government untuk meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat Simalungun.

“Kami akan menerapkan konsep competitive government untuk membuat pelayanan lebih prima dan masyarakat terlayani. Competitive government menekankan pada kompetisi para ASN untuk lebih baik dalam memberi pelayanan. Konsep ini juga akan memberikan reward dan punishment kepada para ASN atas kinerja mereka,” kata H Anton.

Dalam penyampaian closing statement, calon wakil bupati Rospita Sitorus mengajak masyarakat Simalungun memilih nomor 4 karena ada keterwakilan perempuan.

“Saya mengajak kaum perempuan memilih perempuan. Keterwakilan perempuan ada di nomor 4. Jangan lupa, harus coblos nomor 4,” ucap Rospita. (leo/fi)

USI