News

Daud dari tvOne Nahkodai IJTI Siantar Simalungun

FaseBerita.ID – Daud Sitohang  dari tvOne terpilih sebagai Ketua IJTI periode 2020 -2023. Ia meraup 8 suara dari 13 total jumlah pemilih.

Musyawarah Korda Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Muskorda IJTI Siantar-Simalungun) di gelar di ruang anggrek, Simalungun City Hotel, Sabtu (19/12/20) malam. Dengan mengusung tema bersama IJTI menjauhkan masyarakat dari berita hoax.

Muskorda dilaksanakan untuk menciptakan jurnalis televisi yang mampu hadir di tengah-tengah masyarakat dan menyajikan berita teraktual tajam dan terpercaya.

Dalam sesi penjaringan calon Ketua IJTI Siantar Simalungun untuk putaran pertama muncul tiga nama yakni Siti Nur dari Efarina TV, Daud Sitohang dari tvOne dan Darma Setiawan dari iNews MNC Group.

Dari tiga kandidat calon Ketua IJTI Siantar Simalungun dikerucutkan menjadi dua nama calon ketua untuk ke pemilihan putaran kedua. Yakni Darma Setiawan dari MNC group dan Daud Sitohang dari tvOne. Keputusan ini diambil panitia penyelenggara setelah Siti dari Efarina memperoleh 3 suara, Daud Sitohang memperoleh 10 suara dan Darma dari MNC group mendapatkan 9 suara.

Sebelum menuju pemilihan ketua putaran kedua, pimpinan sidang Muskorda IJTI Siantar Simalungun Wahyu Triogo wakil sekretaris IJTI Pusat memberikan kesempatan kepada dua calon untuk memaparkan visi dan misi.

Dengan memaparkan visi misi Wahyu ingin mengajak jurnalis lebih profesional dan menjunjung kode etik jurnalistik. Dalam pemaparannya, Darma Setiawan dari MNC group berkomitmen akan menjunjung tinggi kesejahteraan jurnalis, menggelar pelatihan, BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan.

Sementara, Daud Sitohang, fokus pada membangun solidaritas sesama jurnalis, meningkatkan pelatihan, dan membangun kantor IJTI Siantar Simalungun agar mampu memfasilitasi jurnalis bekerja.

Akhirnya Muskorda IJTI Siantar Simalungun memasuki  pemilihan putaran kedua. Setiap peserta kembali memberikan suara untuk memilih satu diantara dua calon Ketua IJTI Siantar Simalungun.

Lewat pemilihan tersebut, Darma Setiawan dari MNC group memperoleh 7 suara dan Daud Sitohang memperoleh 7 suara, sementara satu suara dinyatakan tidak sah karena menulis dua nama dalam satu hak suara.

Atas kondisi tersebut, panitia sempat melakukan skor dan melakukan komunikasi internal kedua calon. Berselang beberapa menit, pemilihan kembali dilakukan hingga diperoleh 13 pemilih sah. Dalam pemilihan Daud Sitohang dari tvOne dinyatakan unggul dengan perolehan 8 suara sementara Darma Setiawan dari MNC group memperoleh 5 suara.

Penyesuaian suara ini dilakukan atas kebijakan panitia dimana dua suara berasal dari IJTI Provinsi Sumatera Utara memilih mundur sebagai peserta dengan alasan memilih independen.

Muskorda kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Daud Sitohang dari tvOne dan penyusunan organisasi kepengurusan IJTI Siantar Simalungun.

Acara berlangsung tertib dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak. Acara dimeriahkan dengan pertunjukan hiburan dengan seni tari Simalungun dari mahasiswa Universitas Simalungun (USI). (leo/rel)

USI