News

Data Calon Penerima Bantuan Masih Ditata Ulang dan Direkap

FaseBerita.ID – Sampai saat ini Pemko Siantar belum menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemi virus corona.

Belum disalurkannya bantuan ini dikarenakan sampai saat ini Pemko Siantar melalui Dinas Sosial masih melakukan penataan ulang data melalui pihak Kelurahan dan selanjutnya direkap oleh Dinas Sosial P3A.

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial dan P3A Kota Siantar Drs Risbon Sinaga MM menjelaskan, sesuai Petunjuk Pemerintah Pusat melalui Kemensos saat Vidcon pada tanggal 17 April 2020 tentang Sumber Dana ada 3 yaitu Pemerintah Pusat, Provinsi dan pemerintah kota.

Dimana warga penerima PKH/BPNT dan bantuan lainnya, tidak boleh diusulkan lagi. Warga yang sudah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang ada melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) Kelurahan menjadi Tanggungjawab Kemensos dan Provinsi.

Warga yang tidak masuk DTKS menjadi tanggungjawab pemerintah Daerah. Maka seluruh data calon penerima bantuan ini yang berasal dari kelurahan dan diserahkan di Dinas Sosial, sedang ditata ulang kembali oleh Pihak Kelurahan dengan mengacu kepada DTKS.

Selanjutnya dikembalikan lagi ke Dinsos P3A untuk disampaikan ke Pemko guna mendapat pengesahan dari Walikota.

Risbon menambahkan, bantuan yang terdampak wabah virus corona harus dirapikan agar tidak ada yang ganda penerima bantuan.

“Jadi, mekanisme penyaluran bantuan itu tetap berpedoman dari aturan Kemensos,” jelasnya.

Usulan ke Pemerintah Pusat dan Provinsi juga harus sepengetahuan oleh Walikota Pematangsiantar.

Soal kapan dan apa bentuk bantuannya, nantinya akan diputuskan oleh Walikota.

“Jadi kami harapkan kepada masyarakat, agar bersabar. Sebab penyaluran bantuan ini tetap harus taat administrasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Risbon.

Saat ditanya bantuan dari Kemensos & Provinsi berupa BLT (dijelaskan saat Vidcon) kapan disalurkan, Risbon menjawab bahwa mekanisme penyaluran bantuan itu adalah kewenangan dari Kementrian & Gubernur.

Namun yang pasti, jika bantuan dari Provinsi maupun dari Pemko turun, maka pemerintah akan mensosialisasikan dan mengumumkan kepada masyarakat. (pra)