News

Dana Desa TA 2018 di Nagori Manik Maraja Silpa, Sampai Saat ini Belum Direalisasikan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Alokasi Dana Desa (DD) tahap III tahun anggaran 2018 di Nagori Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik belum dikerjakan oleh pemerintah nagori.

Salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya kepada media ini menceritakan bahwa Pangulu Nagori Manik Maraja belum meralisasikan Dana Desa (DD) tahap III Tahun Anggaran 2018 sampai saat ini. Warga pun mempertanyakan realisasi penggunaan Dana Desa TA 2018 tersebut.

Disebutkan warga, pernah ada dibuat batu kerikil untuk tujuan rabat beton, namun sampai saat ini rabat beton tersebut tidak ada dilaksanakan.

Disebutkan warga, Dana Desa tahap III Tahun Anggaran 2018 dibuat Silpa dengan jumlah Rp257.931.000 dan dituangkan dalam spanduk realisasi Anggaran Pendapat Belanja Nagori (ABPNag) tahun 2019.

“Ini sudah akhir Juli, tapi belum ada terlihat pembangunan,” heran warga.

“Oleh sebab itu kami perwakilan masyarakat Manik Maraja berhak mengawasi Dana Desa sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo. Kami berencana melaporkan Pangulu Manik Maraja ke pihak kepolisian, inspektorat, Kejari dan Satgas Dana Desa. Nanti surat pengaduan masyarakat akan saya tunjukkan ke rekan-rekan media,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Sidamanik K Harahap ketika dikonfirmasi di kantornya mengatakan bahwa tidak ada program yang fiktif. “Saya kurang mengetahui hal tersebut,” katanya.

Pada saat itu, K Harahap langsung menghubungi Suroso selaku Pangulu Manik Maraja namun tidak diangkat walaupun terdengar suara nada aktif. Lalu Sekcam menghubungi pendamping desa dan menanyakan kegiatan ADD tahap III yang ada di Nagori Manik Maraja.

Saat dipertanyakan Sekcam, Pendamping Desa membenarkan kegiatan anggaran Dana Desa Tahap III TA 2018 belum dilaksanakan.

Mengetahui peristiwa ini, Sekcam meminta agar Senin harus dikerjakan. “Kalau tidak, akan kami surati Pangulunya,” katanya. (tom)