News

Dana Desa Sipirok 2018 Terindikasi Fiktif; Mahasiswa Minta DPRD Panggil Dinas Terkait

PALUTA, FaseBerita.ID – Sejumlah elemen mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam DPP Gerakan Rakyat Merdeka (GERAM) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) meminta agar Komisi A DPRD Kabupaten Paluta segera memanggil Pihak Inspektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Camat Portibi.

Permintaan itu mereka sampaikan untuk menguak tabir terkait perkembangan hasil pemeriksaan Inspektorat Paluta mengenai laporan indikasi fiktif kegiatan perealisasian Dana Desa (DD) Sipirok, Kecamatan Portibi, pada tahun anggaran 2018.

Ketua DPP GERAM Paluta Sandi Kurniawan Harahap kepada wartawan mengatakan, perkembangan terakhir yang mereka ketahui terkait tindaklanjut laporan pada tanggal 10 bulan Mei yang lalu ke Kejaksaan Negeri Paluta telah dilimpahkan dan bergulir ke ranah Inspektorat Paluta.

“Sebagai wakil kami di legislatif yang diangkat disumpah atas jabatannya, kami meminta agar Komisi A DPRD Paluta memanggil dan meminta pertanggungjawaban Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Paluta, Inspektorat Paluta dan juga Camat Portibi terkait perealisasian Dana Desa Sipirok Tahun Anggaran 2018 yang diduga telah difiktifkan,” kata Sandi.

Selain itu, Sandi juga meminta agar nantinya Komisi A DPRD Paluta menanyakan dasar perealisasian Uang Dana Desa Sipirok tahap I tahun 2019. Karena sementara katanya kegiatan pembangunan infrastruktur Dek Penahan Tebing dan Rabat Beton serta kegiatan lainnya bersumber dari Dana Desa Sipirok tahun anggaran 2018 belum selesai dikerjakan dan juga diduga tidak dikerjakan sama sekali atau fiktif.

“Di sini kami akan menilai militansi dan keberanian komisi A DPRD Paluta terlebih kami juga meragukan kualitas pelaksanaan pengauditan dan pemeriksaan yang dilakukan APIP yakni inspektorat terkait tindak lanjut laporan kami itu. Selain itu kami juga menduga adanya kongkalikong antara pihak Plt Kades Sipirok dengan Inspektorat Paluta,” ungkap Sandi.

Dari itu kata Sandi, GERAM Paluta berharap agar Komisi A DPRD Paluta segera menunjukkan taringnya untuk mengusut tuntas kasus teresebut sesuai kewenangannya di legislatif.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Paluta, H Hafrino Naga Sakti Harahap didampingi anggota Komisi A DPRD Paluta Amas Muda Siregar mengatakan akan segera memanggil dinas terkait perihal laporan itu.

“Kami akan segera memanggil dinas terkait tentang laporan GERAM Paluta dan saya juga meminta agar DPP GERAM menyurati Komisi A DPRD Paluta yang dilengkapi dengan dokumentasi maupun berkas pendukung sebagai dasar kami untuk memanggil dinas terkait,” pungkasnya. (ais)