News

Dana Desa di 78 Nagori di Simalungun Belum Cair

FaseBerita.ID – Dana Desa tahun 2020 di 78 nagori di Kabupaten Simalungun belum dicairkan, karena laporan APBDes tahun 2019 belum diserahkan pangulu nagori masing-masing.

Kadis DPMPN Kabupaten Simalungun, Sarimuda Purba melalui Sekretaris, Roganda Sihombing saat dikonfirmasi via selulernya, Selasa (21/4/2020) mengatakan, jika ada nagori yang sudah melakukan penanggulangan covid-19, sementara dana desanya belum cair, pihaknya tidak mengetahui sumber anggarannya.

Terkait warga miskin yang akan mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa, masih dilakukan pendataan.

“Terkait penerima BLT, saat ini masih dilakukan pendataan. BLT itu kan karena dampak daripada Covid-19, yang mendapat di luar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), didata oleh relawan yang dibentuk Pangulu dan harus dipertanggungjawab dengan berita acaranya,” ujarnya.

Roganda Sihombing menegaskan jika pendataan tidak sungguh-sungguh dilakukan terhadap orang miskin, maka orang yang terkait (Relawan dan Pangulu) bisa kena pidana.

“Kalau mereka berani berbuat seperti itu mengenai pendataan orang miskin ini, kalau tidak sungguh-sungguh bisa kena pidana. Kalau ada masyarakat yang mengetahuinya laporkan sama kami, yang pasti nanti ada verifikasi dan validasiya,” tegasnya. (mag-05)