News

Dampak Covid-19, Wartawan Humbahas akan Diberi Bansos

FaseBerita.ID – Pandemi Covid-19 membuat ekonomi seluruh sektor dan lapisan masyarakat kian terpuruk. Tak terkecuali dengan para jurnalis yang setiap saat berupaya menyajikan berita-berita ter-update, terkait perkembangan bencana non alam tersebut serta berita informatif lainnya.

Karenanya, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) rencananya dalam waktu dekat akan memberikan Bansos (Bantuan Sosial) Jaring  Pengaman Sosial (JPS) bagi wartawan yang melaksanakan tugas peliputan, serta berdomisili di Humbahas. Hal ini tertuang dalam pengumuman Diskominfo Humbahas Nomor 000/157/VI/2020.

Dalam pengumuman ini disebut, Bansos JPS  merupakan tindaklanjut Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan corona virus desease 19 di lingkungan pemerintahan daerah. Dimana, salah satu fokus yang akan dilaksanakan adalah pemberian bansos/hibah dalam bentuk uang dan atau barang dan juga surat Bupati Humbahas nomor: 460/1148/sosial/IV/2020 tentang pendataan calon penerima Bansos Jaring Pengaman Sosial.

Kepada wartawan yang melaksanakan tugas peliputan di daerah itu diminta melengkapi syarat calon penerima Bansos JPS antara lain, surat tugas dari perusahaan/media, kartu dan kartu Pers yang masih berlaku, serta domisili di Humbahas yang dibuktikan dengan foto copy Kartu Keluarga paling lambat tanggal 16 April 2020.

Sementara itu, perlakuan yang sama bagi jurnalis yang melaksanakan tugas di Humbahas namun tidak berdomisili di kabupaten tersebut juga dapat diterapkan dengan meminta surat rekomendasi dari Kadis Kominfo Humbahas.

Pengumuman Diskominfo Humbahas. (Sunday Sihotang)

Terkait teknis dan besaran yang akan diberikan kepada kuli tinta tersebut, Kadis Kominfo Hotman Hutasoit melalui Kabid Komunikasi Mangadar Lumbanraja mengatakan, masih dalam tahap pembahasan.

“Lagi dibahas para pimpinan. Kita bersabar. Dalam waktu dekat akan kita ketahui, yang perlu kita data dulu,” ujar Mangadar, Selasa (14/4). (sht/ahu/sr)