News

Damkar PT. STTC Bantu Padamkan Kebakaran di Tomuan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Walau mengalami kendala karena angin kencang dan api sudah sangat besar, akhirnya tim pemadam kebakaran milik PT STTC dan Pemko Siantar berhasil memadamkan kebakaran 3 unit bangunan di Jalan Dalil Tani, RT II Kelurahan Tomuan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar.

Dalam kejadian Jumat (8/10) siang itu, tidak ada korban jiwa, namun kios barang kelontong milik Bunga Nur Sinaga (68) bersama dua pintu rumah gandeng miliknya hangus terbakar. Menurut informasi, penyebab kebakaran tersebut diduga berasal dari kompor gas yang ada di dapur rumah.

“Tadi aku lagi kerja bang. Tiba-tiba tadi orang rumah (istri-red) menelepon membilangkan rumah sedang terbakar. Mendengar itu saya langsung kemari,” kata Tambunan, anak pemilik rumah.

Tambunan juga menambahkan sumber api tersebut berasal dari dapur rumah bagian belakang. “Jadi api itu berasal dari arah dapur bang. Makanya yang terbakar itu bagian belakang,” terang dia sembari ia menyebut ibunya Bunga Nur Sinaga (68) sempat pingsan karena kejadian tersebut.

Sementara Nur Hasibuan (36) warga setempat, menyebut kebakaran tersebut terjadi sekira pukul 14.00 WIB. Dimana saat itu para korban sedang berada di dalam rumah.

“Jadi tadi itu, ibu itu ada di warungnya itu. Terus cucu sama menantu nya ada di dalam rumah. Namun tidak tau kenapa ada api dari rumah bagian belakang. Disitu lah warga semua berteriak sembari membantu para korban keluar dari dalam rumah,” sambungnya.

Sementara itu Josua Halolo, Kabid Damkar Pemko Siantar saat diwawancarai wartawan dilokasi menyebut dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun korban materil diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp 300 juta.

Guna memadamkan api, kata Josua pihaknya menurunkan sebanyak 5 unit mobil damkar dibantu damkar milik PT STTC. Namun karena kondisi lokasi yang cukup padat penduduk ditambahkan lagi dengan angin yang cukup kencang sehingga pihaknya sempat kesulitan untuk memadamkan api.

“Apinya sangat cepat membesar. Belum lagi anginnya dan cuaca kurang mendukung.
Sementara itu Kapolsek Siantar Timur Iptu Rudi Panjaitan saat diwawancarai wartawan di lokasi menyebut penyebab kebakaran tersebut diduga api berasal dari kompor yang ada di bagian dapur rumah.

“Untuk yang hangus terbakar yakni kios barang kelontong dan dua pintu rumah milik Br Sinaga, sementara dua pintu lainnya hanya mengalami kebakaran di bagian atas dan belakang,” tuturnya.
Sementara itu hingga saat ini pihaknya Kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.(mat/fabe)