News

Daging Sapi Rp120 Ribu per Kg

SIANTAR, FaseBerita.ID– Sekitar seminggu menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 h, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional relatif stabil. Untuk daging sapi, harganya Rp120 ribu per kilogram dan daging ayam potong Rp30 ribu per kilogram. Sedangkan harga gula pasir dan tepung terigu mengalami penurunan.

Hal tersebut sesuai hasil monitoring Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM atas ketersediaan dan harga bahan pokok, Selasa (4/5) pagi. Monitoring dilakukan di Pasar Horas, gudang gula pasir di Jalan Thamrin, gudang beras Bulog, dan kilang padi Hariara.

Hefriansyah mengatakan, pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar melaksanakan monitoring di beberapa tempat. Monitoring dimulai dari Pasar Horas, gudang gula Jalan Thamrin, gudang beras Bulog, dan kilang padi Hariara.

“Kita melihat bagaimana kondisi di masyarakat dan pedagang. Dari segi harga, Alhamdulillah masih stabil. Seperti harga daging masih 120 ribu per kilogram, harga gula dan terigu turun, harga ayam biasa Rp29 ribu naik Rp1.000 menjadi Rp30 ribu per kilogram. Stok beras Bulog sampai bulan sembilan masih terjamin,” terangnya.
Hefriansyah mengharapkan, dengan adanya monitoring tersebut tidak terjadi penimbunan barang oleh oknum-oknum yang memanfaatkan situasi hari besar keagamaan.

“Monitoring ini juga bertujuan memastikan tidak ada permainan harga terhadap bahan-bahan pokok yang bisa menimbulkan kenaikan harga, yang biasanya terjadi karena adanya penambahan kebutuhan di saat Hari Raya Idul Fitri,” jelasnya.

Untuk itu, para unsur Forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Satgas Pangan tetap mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembelian secara besar0besaran. Sebab stok bahan pokok masih tersedia dan harga masih stabil. (rel/fabe)