News

Curi Uang Majikan Rp35 Juta, PRT Asal Bandar Ditangkap Polisi

SIANTAR, FaseBerita.ID-Tim Satreskrim Jahtanras Polres Siantar, mengamankan seorang pembantu rumah tangga karena melakukan tindak pidana berupa pencurian dirumah majikannya sendiri.

Pembantu yang diamankan tersebut bernama Winarti (31), warga Jalan Rakyat Lk VIII, Desa Perdagangan I, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Jumat (20/3) Pukul 14.00 WIB.

Hal itu dibenarkan Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih melalui Kasubbag Humas Polres Siantar, Iptu Rusdi Ahya, Sabtu (21/3) siang sekira pukul 13.30 WIB.

Rusdi mengatakan, penangkapan itu, berdasarkan laporan dari korban sekaligus majikannya bernama Rosliana Nasution (56) warga Jalan Melanton Siregar 108, Kelurahan Suka Makmur, Kecamatan Siantar Marihat.

Berdasarkan laporan polisi Lp / 163 / III /2020/SU/STR  tertanggal 19 Maret 2020. Dengan kerugian korban mencapai Rp 35.000.000 atau (tiga puluh lima juta rupiah).

“Saat itu, keluarga korban bernama Rina Riyanti Harahap, memasukan uang sebesar Rp 35.000.000 ke dalam sebuah brangkas yang ada dilorong depan kamar korban Roslina Nasution ikut disaksikan pelaku,” ujarnya.

Selesai memasukkan uang, korban dan pun beraktifitas seperti biasa, Selasa (17/3) siang jam 14.00 WIB. Keesokan harinya, Rabu (18/3) sekira jam 16.00 WIB. Tersangka Winarti berhasil mengambil uang dari dalam brangkas.

“Dia mengambil kesempatan, diambilnya uang dalam brangkas. Lalu mengembalikan kunci brangkas tersebut ketempat semula, lalu tersangka pergi meninggalkan rumah korbannya,” jelas Rusdi.

Dijelaskannya, Jumat (20/3) sore sekira jam 16.30 WIB. Anak korban bernama Putri Tiara Diva ingin mengambil uang dari dalam brangkas. Putri Tiara pun  terkejut karena melihat uang didalam berangkas sudah kosong.

Sehingga korban dan anaknya saling bertanya. Sembari menaruh curiga pada tersangka sebagai pembantu yang ikut menyaksikan saat uang dimasukkan ke berangkas. Saat korban mencari pembantunya itu, ternyata sudah pergi dari rumah.

“Karena pembantu (tersangka-red), sudah meninggalkan rumah korban. Korban datang ke polres untuk buat laporan resmi  selanjutnya, korban dibantu kepolisian SPKT bergerak menuju kerumah tersangka di Perdagangan,” tambahnya.

Ditambahkan Rusdi, tersangka berhasil diamankan ketika sedang duduk di sebuah warung di depan Deco Supermarket menggunakan daster dan helm warna putih bersama seorang anak laki-laki.

“Saat tersangka diinterogasi, dia mengakui perbuatannya. Sehingga tersangka dibawa ke Polres Siantar. Berikut barang bukti sejumlah barang yang sudah dibeli pakai uang curian juga ikut disita. Tersangka kita jerat dengan pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tutupnya. (Mag-03/fi)

USI