News

Curi Uang Kotak Amal, Warga Madina Nginap di Mapolsek Sibabangun, Tapteng

FaseBerita.ID – Tersangka pencurian uang kotak amal Masjid As-Syakirin Lumut, Kecamatan Lumut, Tapanuli Tengah (Tapteng), ditangkap warga di salah satu rumah makan di Jalan Bandara FL Tobing Pinangsori, Senin (25/1) sekira pukul 16.00 WIB.

Pria yang merupakan warga Desa Gunung Tua Jae, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), ini ditangkap setelah aksinya terekam kamera CCTV masjid. RH (35) mencuri uang dengan cara merusak kunci kotak amal Masjid As-Syakirin, Rabu (20/1), sekira pukul 09.43 WIB.

Camat Lumut H Kadirun Hasibuan SPd, yang dikonfirmasi NEW TAPANULI menyebutkan, pelaku pencuri uang kotak amal Masjid As-Syakirin ditangkap saat sedang makan di salah satu rumah makan di Kecamatan Pinangsori. Sebelumnya keberadaan pelaku terpantau di salah satu masjid di Kecamatan Kolang.

“Kenaziran masjid mengetahui jika uang kotak amal telah raib saat hendak membuka kotak amal usai pelaksanaan Sholat Jumat (22/1),” ujar Kadirun.

Mengetahui isi kotak amal telah diambil, sambung Kadirun, pihak kenaziran memeriksa CCTV dan melihat sesorang telah merusak kunci kotak amal dan mengambil uang yang ada di dalamnya. Pelaku kemudian bergegas dengan menaiki sepeda motor Honda Kharisma BB 5475 LR.

Senin (25/1) pagi, pelaku terpantau di Kecamatan Kolang. Sembari berkomunikasi dengan pihak KUA Kecamatan Lumut, Kepala KUA Kecamatan Kolang membuntuti pelaku hingga Kota Sibolga. Namun beberapa saat memasuki Kota Negeri Berbilang Kaum, jejak pelaku menghilang. Beruntung, saat Kepala KUA Kecamatan Lumut hendak pulang menuju Pandan, beliau berpapasan dengan pelaku di Kelurahan Alboin Prancis.

Pelaku kembali di buntuti hingga menuju Kelurahan Lumut. Sesaat hendak mendekati lokasi Masjid As-Syakirin, pelaku berbalik arah menuju Kota Sibolga. Pelaku kemudian menuju aBandara Pinangsori dan berhenti di salah satu rumah makan.

Usai makan, oleh DPK BKPRMI Pinangsori yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan DPK BKPRMI Kecamatan Lumut,mengamankan pelaku. Saat ditangkap pelaku tidak melawan. Di hadapan personel Polsek Sibabangun, pelaku mengakui perbuatannya.

Kapolsek Sibabangun Iptu Della Antomi,membenarkan penangkapan terduga pelaku pencurian uang kotak amal Masjid As-Syakirin Lumut. Dikatakannya, untuk sementara waktu pelaku diamankan di Mapolsek Sibabangun, untuk proses lebih lanjut. “Sudah kita amankan pelaku, sedang dalam proses penyelidikan,” ujarnya. (ztm/fabe)