News

Cegah Kemacetan di Balata, Satlantas Simalungun Gerak Cepat Evakuasi Truk Logging

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Satu unit truk logging berplat nomor BK 9426 BG mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Umum Pematangsiantar-Parapat, Kelurahan Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Minggu (3/1) sekira pukul 21.00 WIB. Polres Simalungun melalui Satuan Lalu Lintasnya melakukan aksi cepat tanggap dengan melakukan evakuasi kendaraan yang melintang di badan jalan itu dengan cepat, karena berpotensi mengakibatkan kemacetan lalulintas.

Kejadian yang nyaris membuat jalan lumpuh itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun membuat arus lalu lintas dimasa akhir libur tahun itu terganggu. Namun personel kepolisian yang sudah sejak awal sudah membuat persiapan kesiap siagaan, begitu mendapat laporan dari masyarakat dengan kejadian langsung turun ke TKP untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan mengevakuasi kendaraan.

Dengan dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Fernandes Aritonang SIK bersama anggota dibantu warga setempat melakukan upaya evakuasi kendaraan secepatnya hingga tidak mengganggu arus lalu lintas yang cukup padat dan ramai saat itu. Alhasil, dalam waktu yang cukup singkat kendaraan yang bermuatan kayu itu pun berhasil dievakuasi dari TKP.

“Ya kejadian ini bisa mengakibatkan kemacetan yang fatal kalau tidak cepat dilakukan evakuasi kendaraan truk. Soalnya saat kejadian adanya peningkatan kepadatan kendaraan baik yang dari Parapat maupun yang dari arah Pematangsiantar. Syukurlah tidak ada kendala yang cukup berarti saat kami melakukan evakuasi,” kata AKP Hendrik Fernandes Aritonang SIK kepada kru media ini saat memberikan keterangan dari lokasi kejadian.

Dalam kesempatan itu juga, Kasat Lantas yang didampingi Kanit Patrolinya Ipda Rizal tetap memberikan himbauan kepada para masyarakat dan khususnya para pengemudi agar tetap waspada dan penuh kehati-hatian dalam berkendara. Budayakan kesabaran dalam mengemudi saat jalanan lagi ramai dan padat. Keselamatan lebih penting dari pada kecepatan. Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.(adi/fabe)