News

Buronan Korupsi Dana Desa Labura Ditangkap di Riau: Sembunyi di Kebun Sawit

FaseBerita.ID – Tim gabungan yang terdiri atas Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Kejaksaan Agung (Kejagung), dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuhanbatu menangkap tersangka tindak pidana korupsi terkait penggunaan Dana Desa tahun 2017, 2018, dan 2019 di Desa Buluh Ngihit Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara.

Tersangka Sarpin, yang telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) itu, ditangkap di tengah perkebunan sawit, di Dusun Blimbingan, Desa Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hilir Tembilahan, Provinsi Riau, sekitar 5 kilometer dari Jalan Lintas Timur Jambi- Pekanbaru, Senin (23/11).

Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Labuhanbatu Syaron Hasibuan, Selasa (24/11) mengatakan, tim gabungan berangkat dari Medan Minggu (22/11) menuju Jambi melalui jalur udara. Lalu, menempuh perjalanan jalan darat selama 5 jam.

“Saat tiba di lokasi sekitar pukul 18.00 WIB, tim langsung menuju sasaran yang telah dipantau selama ini. DPO Sarpin bersembunyi di rumah kenalannya, di areal perkebunan sawit. Setelah dilakukan pengepungan, Sarpin langsung diamankan. Sarpin mengaku sudah sebulan tinggal dan bekerja di kebun sawit tersebut,” terang Syaron.

Masih kata Syaron, Sarpin yang telah ditetapkan DPO mengaku melarikan diri karena menghindari panggilan dari Kejari Labuhanbatu.

“Sarpin langsung di bawa ke Pekanbaru dan rencananya di bawa ke Kejari Labuhanbatu untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” tandas Syaron. (bud/fi)

USI