News

Bupati Taput Nikson Nababan: Taput Lumbung Pangan dan SDM

TAPUT, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Utara  Nikson Nababan bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 Kabupaten Tapanuli Utara dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju, bertempat di Lapangan Serbaguna Kompleks Stadion, Tarutung. Sabtu, (17/8/2019).

“Cita-cita kemerdekaan yang diproklamasikan Soekarno Hatta mengharapkan generasi penerus tidak hanya merdeka dari penjajahan, tetapi akan merdeka dari kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan. Saat ini merupakan waktu yang tepat mereview yang telah kita perbuat dalam mengisi kemerdekaan,” ucap Bupati.

Peringatan kali ini dihadiri Forkopimda, para veteran dan perintis kemerdekaan, pimpinan OPD, pimpinan BUMN-BUMD, pimpinan Partai Politik, Jajaran TNI-Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Organisasi Kemasyakatan.

Bupati menjelaskan arah pembangunan Tapanuli Utara sesuai visi “Tapanuli Utara Sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata”, termasuk berbagai prestasi yang telah diraih dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, pelatihan dan peningkatan SDM, pertanian dan perikanan, Pariwisata, industri/kerajinan dan olah raga.

Bupati mengapresiasi prestasi TP. PKK Tapanuli Utara melalui desa binaan yang meraih juara di tingkat provinsi dan juga prestasi Dekranasda dalam pelestarian Budaya Batak Tenun Ulos.

“Pada bidang pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik kita telah membangun beberapa aplikasi secara online, kita juga tetap melakukan pembenahan pada Perusahaan Daerah. Dibidang pengelolaan keuangan kita cukup bangga karena untuk ke-5 kalinya, Tapanuli Utara kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK Perwakilan Sumut atas Laporan Pertanggung-jawaban Keuangan Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2018,” lanjut Nikson.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta segenap anggota DPRD yang senantiasa mendukung dan memberikan masukan kepada kami dalam menjalankan roda pemerintahan. Pesta demokrasi telah berlalu, mari kita merajut kebersamaan, mari kembali kepada pemikiran  dalihan natolu,” akhir pidato Bupati.

Pelaksanaan pengibaran bendara Merah Putih oleh 45 Paskibraka berjalan dengan lancar.

Anggota Paskibraka yang bertugas pada upacara tersebut, antara lain, Danton Paskibra, Nimrod Sinaga SMA Santa Maria, pengulur bendera, Lorenzo Tambunan SMA N 1 Tarutung, penarik Bendera, Rio Ricardo Pasaribu SMA N 1 Siborong-borong, Pembentang Bendera, Jesika Nainggolan SMA N 3 Tarutung dan pembawa Baki, Winda Hutabarat SMA N 2 Tarutung. (as/osi)

iklan usi