News

Bupati Tapteng Lepas Pawai Takbiran Idul Adha

TAPTENG, FasaeBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani melepas Pawai Takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha1440 H/2019 M di depan Masjid Al Jamiatul Wasliyah, Jalan Pasar Baru Gerigis, Kecamatan Barus, Sabtu malam (10/8/2019).

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pelepasan pawai takbiran ini merupakan ungkapan rasa syukur dan rasa gembira dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M.

“Mari kita menjaga ketertiban dan kelancaran Pawai Takbir ini. Pesan saya, di saat melaksanakan Pawai Takbiran selalu kumandangkan takbir-takbir dan tunjukkan bahwa umat Islam di Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya di Kecamatan Barus adalah masyarakat yang beriman,” ucap Bakhtiar.

Usai menyampaikan sambutannya, Bakhtiar melakukan pemukulan Bedug dan dilanjutkan dengan mengangkat bendera start melepas secara resmi Pawai Takbiran dari depan Masjid Al Masjid Al Jamiatul Wasliyah, Barus.

Peserta Pawai Takbiran ini diikuti ribuan masyarakat dengan mengumandangkan gema takbir. Pawai Takbiran ini disemarakkan oleh kendaraan roda empat, becak bermotor, dan sepedamotor.

Pelepasan Pawai Takbiran ini turut dihadiri OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, Plt. Camat Barus dan jajarannya, Polsek Barus, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat yang mengikuti pawai takbir.

Ditempat terpisah, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul juga turut melepas Pawai Takbiran Idul Adha 1440 H/2019 M di depan Masjid Al Muslimin Pandan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul menyampaikan salam dari Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan atas nama Pemkab Tapteng mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 H kepada masyarakat Tapteng yang merayakannya.

Darwin juga berpesan, kiranya para peserta Pawai Takbiran untuk mematuhi peraturan dan mengutamakan keselamatan berlalu lintas dalam menjalankan pawai takbiran tersebut.

“Bapak Bupati dan saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan keluarga mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 H. Saudara-saudara sekalian, saat melaksanakan pawai takbiran mohon untuk tidak kebut-kebutan, patuhi peraturan lalu lintas juga utamakan keselamatan,” kata Darwin.

Usai menyampaikan kata sambutannya, Darwin melanjutkan kegiatan dengan memukul Bedug dilanjut oleh Kakan Kemenag Tapteng dan Ketua MUI Tapteng. Kemudian, Darwin mengangkat bendera start melepas Pawai Takbiran Idul Adha 1440 H/2019 M Tapteng. Pawai Takbiran Idul Adha ini berjalan semarak dan tertib yang diikuti dengan antusias oleh masyarakat Kecamatan Pandan, Sarudik, Tukka, dan sekitarnya menggunakan mobil hias dengan dekorasi Islami, becak bermotor, dan sepedamotor.

Turut hadir pada acara pelepasan Pawai Takbiran Idul Adha itu, Forkopimda Tapteng yaitu Kapolres Tapteng, Dansatradar 234 Sibolga, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Tapteng Ny Juli Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah Tapteng, Staf Ahli dan Asisten, Pimpinan OPD, Camat Pandan, Camat Sarudik, dan Camat Tukka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas Islam, dan undangan lainnya, serta masyarakat yang ikut Pawai Takbiran Idul Adha 1440 H. (dh/osi)