News

Bupati Tapteng dan Wali Kota Sibolga Temui Menteri Kelautan dan Perikanan

Bahas Solusi Percepatan Pengurusan SIPI

JAKARTA, FaseBerita.ID– Dalam rangka mendorong akselerasi pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani  bersama Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Mina Bahari IV, lantai 16, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (22/3).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tapanuli Tengah dan Wali Kota Sibolga memaparkan potensi unggulan bidang Kelautan dan Perikanan di dua daerah yang mereka pimpin.

Mereka juga menyampaikan usulan pembangunan, yang diterima langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut Bupati dan Wali Kota juga mengundang Menteri KP untuk berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga.

Kedua Kepala Daerah tersebut juga bermohon solusi percepatan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), yang saat ini menjadi polemik dan penyebab terkendalanya melaut, bagi nelayan Sibolga-Tapanuli Tengah dan beberapa daerah lainnya.

“Saya selaku Bupati Tapanuli Tengah bersama Wali Kota Sibolga abanganda Jamaluddin Pohan dan rombongan menemui Menteri Kelautan dan Perikanan Bapak Sakti Wahyu Trenggono untuk memaparkan potensi unggulan sektor Kelautan dan Perikanan yang besar di kedua daerah dan memohon perhatian Bapak Menteri untuk dapat merealisasikan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan taraf hidup nelayan dan masyarakat pesisir yang ada di kedua daerah,” kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Menurutnya, Menteri KP merespon positif usulan yang disampaikan dan akan mengatur jadwal untuk dapat berkunjung ke Tapanuli Tengah dan Sibolga.

“Terkait usulan yang kami sampaikan, Bapak Menteri merespon positif dan kita mengundang Beliau untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga. Beliau menyampaikan, akan mengatur jadwal agar bisa berkunjung ke dua daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri KP berjanji akan melakukan kajian ulang tentang perizinan yang bermasalah. Kemudian, dia juga berjanji akan berkunjung langsung ke Sibolga-Tapteng untuk meninjau potensi Kelautan dan Perikanan di kedua daerah tersebut.

Secara khusus, Meteri KP berharap kepada Bupati dan Wali Kota untuk dapat mengembangkan budidaya perikanan. Selain mengembangkan perikanan tangkap serta meningkatkan program asuransi nelayan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan jiwa nelayan dan keluarganya.

Untuk Program Budidaya, Menteri KP menawarkan budidaya ikan air payau dan tawar, budidaya benur lobster, kepiting dan rajungan yang mengacu pada Permen KKP nomor 12/permen-kp/2020 tentang Pengelolaan Kepiting, Lobster dan Rajungan di Wilayah Negara Republik Indonesia.

Saat menerima kunjungan Bupati dan Wali Kota, Menteri KP Sakti Wahyu Trenggono didampingi oleh Plt Dirjen Perikanan Tangkap, Dr. Ir. Muhammad Zaini Hanafi, M.Si dan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Ir. Artati Widiarti, MA.

Sedangkan Bupati Tapanuli Tengah dan Wali Kota Sibolga didampingi oleh Staf Khusus Menhan Dr. Dahnil Anzar Simanjuntak, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Willy Saputra Silitonga, SH dan Kepala Bappeda Tapteng Anton Sujarwo BS, S.STP, MM.

Kemudian, Ketua DPRD Kota Sibolga Ahmad Sukri Nazri Penarik, Anggota DPRD Kota Sibolga Obby Putra Hutagaol dan Andika Pribadi Waruwu, serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Sibolga Hendra Darmalius. (ril/ts)

USI