News

Bupati Surya Tetapkan Asahan Siaga Darurat Covid-19

FaseBerita.ID – Rapat terbatas penetapan status siaga darurat bencana non alam corona virus disease 2019 (Covid-19) dipimpin Bupati Asahan H Surya, bersama jajarannya di aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Jumat (28/3).

Hal ini untuk menindaklajuti rapat terdahulu pada tanggal 24 Maret lalu di pendopo rumah dinas tentang status siaga darurat bersama Forkopimda.

Bupati Asahan  mengatakan, dalam hal pencegahan penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan, pihaknya akan terus menjalankannya dengan melakukan koordinasi dengan Provinsi Sumatera Utara. Saat ini, seluruh instansi telah berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan menggunakan anggarannya sendiri.

“Saya berharap kepada OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan agar mengganggarkan peralatan yang menjadi alat pencegahan penyebaran virus covid-19 di setiap instansinya, dan menjadikan anggaran ini prioritas utama,” ucapnya.

Sementara, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto pada rapat ini menyampaikan pendapatnya yang meminta Pemerintah Kabupaten Asahan mensegerakan pembentukan gugus tugas di Kabupaten Asahan, agar dapat bekerja dengan tupoksi yang dimilikinya, karena saat ini ancaman virus corona sudah ada di depan mata.

Kapolres Asahan juga meminta agar anggaran belanja Pemerintah Kabupaten Asahan saat ini lebih difokuskan pada pengadaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan.

Mengakhiri pendapatnya, Kapolres Asahan bersama dengan Bupati Asahan dan unsur Forkopimda menginstruksikan kepada masyarakat dan aparatur pemeritahan dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan kabupaten, dapat bekerjasama dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19 dengan cara melaporkan masyarakat yang baru pulang dari tempat yang dianggap zona merah atau pandemic, dengan menghubungi gugus tugas Kabupaten Asahan.

Sementara, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Asahan terdapat 754 orang. Kecamatan Silau Laut menjadi penyumbang ODP terbanyak yakni 81 orang, disusul Kecamatan Kisaran Barat 71 orang. (per/sr)