News

Bupati Simalungun Gratiskan Tagihan Pelanggan PDAM Tirta Lihou

Rekening Maksimal Rp60 Ribu

SIMALUNGUN,FaseBerita.ID-Bupati Simalungun, JR Saragih memerintahkan Dirut PDAM Titrta Lihou Simalungun supaya menggratiskan tagihan selama tiga bulan kepada pelanggan di bawah Rp 60 ribu per bulan. Program ini mulai berlaku bulan April, sebagai kompensasi dampak pandemi virus corona disease 2019 (covid-19).

Instruksi tersebut tertuang dalam surat Bupati Simalungun nomor 065/6222/1.3.1/2020 pertanggal 31 Maret 2020, mengingat dampak Covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat. Akibat penyebaran Covid-19, masyarakat mengalami gangguan penghasilan.

Oleh karena itu, Bupati Simalungun meminta Dirut PDAM Tirta Lihou, Betty Rodeani Sinaga agar menggratiskan tagihan pelanggan PDAM yang kategorinya Rp 60 ribu kebawah selama 3 bulan.

Seluruh tagihan akan dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun kepada PDAM melalui anggaran BTT agar Cash Flow keuangan PDAM tidak terganggu.

Saat dikonfirmasi, mulai kapan diberlakukan, Dirut PDAM Tirta Lihou, Betty Rodearni Sinaga mengatakan pihaknya masih membahas dan belum mendapat angka pelanggan yang fix, Rabu (1/4/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

“Jumlah pelanggan tagihannya di bawah Rp 60 ribu/bulan belum dapat angka yang  fix karena banyak, sampai saat ini belum dapat kami data yang fix-nya berapa, masih kami data ini,”ujarnya.

Saat ditanyai lebih lanjut, Betty Rodearni Sinaga mengatakan jika data tersebut sudah fix, pihaknya akan melaporkannya kepada Bupati paling lambat Kamis (2/4/2020).

“Betul ya sudah ada instruksi Bupati tapi kami pihak PDAM harus bekerja sesuai data yang ada, nggak bisa ngarang-ngarang banyak loh pelanggan PDAM Tirta Lihou itu 37,400 lebih. Pokoknya kalau sudah ada data yang fix dan sudah sesuai dengan persetujuan dari Bupati akan kusampaikan sama Pers,”pungkasnya.(mag-05/fi)

USI