News

Bupati Padang Lawas TSO Terima 2.800 Vial Vaksin

FaseBerita.ID – Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) menerima kedatangan vaksin sinovac, Selasa (2/2) di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Untuk tahap pertama ini, kabupaten Palas menerima 2.800 vial vaksin.

Sasarannya, diutamakan pada tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, termasuk yang ada di rumah sakit dan puskesmas. Dan untuk vaksinator (yang bertugas memvaksin, red), Pemkab Palas telah menyiapkan sebanyak 275 orang vaksinator yang telah terlatih dari tenaga kesehatan.

“Sasaran pertama diarahkan pada tenaga kesehatan kita. Vaksin yang disiapkan ada 2.800 vial untuk sasaran sebanyak 1389 nakes,” kata Plt Kadis Kesehatan dr Ummy Sahara Matondang.

Seperti tuntunannya, vaksin yang diterima ini nantinya akan dua kali suntik terhadap sasaran. Dimana suntik vaksin pertama berselang 14 hari berikutnya. Hanya saja, belum ada jadwal yang ditetapkan untuk penyuntikan vaksin ini.

“Yang 2.800 ini untuk dua kali vaksin nanti terhadap sasaran nakes tersebut. Kalau jadwalnya, masih belum ditetapkan, namun akan secepatnya,” terang dr Ummy.

Sementara bupati H Ali Sutan Harahap (TSO) berharap, target vaksin ini dapat tepat sasaran. Menindaklanjuti itu, TSO juga berharap penambahan vaksin ini untuk segera didatangkan.

“Harapan kita tambahan vaksin ini segera datang, agar masyarakat kita yang lain dapat segera divaksin. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari virus corona ini,” imbau TSO yang turut diaminkan Kapolres Palas, Sekda, TNI, sejumlah OPD, dan anggota DPRD yang berhadir. (tan/fabe)