News

Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Simalungun Ditetapkan

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Simalungun menggelar rapat terbuka dengan agenda penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Simalungun hasil Pilkada serentak tahun 2020 yang digelar 9 Desember 2020 lalu, Rabu (20/1) di Hotel Sing A Song, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Seperti diketahui pada rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada Simalungun 2020 bahwa Paslon nomor urut 1 Radiapoh Hasiholan Sinaga – Zonny Waldi unggul dengan meraih suara 194.163 suara dan ditetapkan sebagai pemenang.

Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik dalam sambutannya setelah rapat dibuka mengatakan, pada tanggal 18 Januari 2021, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan pengumuman Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK). Di dalam BRPK tersebut, tidak ada dicantumkan gugatan untuk Pilkada Simalungun.

“Sesuai PKPU 19 Tahun 2020, 3 hari setelah MK mengumumkan BRPK, dan tidak ada gugatan didalamnya maka KPUD diperintahkan untuk melaksanakan penetapan paslon terpilih, dan hari ini kita akan menetapkannya,” kata Raja Ahab Damanik.

Raja Ahab Damanik kemudian menerangkan, setelah penetapan pihaknya melalui sekretariat KPUD Simalungun, akan mempersiapkan secara administrasi SK Penetapan maupun SK pengusulan untuk diajukan ke DPRD Simalungun kemudian ditindaklanjuti untuk pelaksanaan paripurna untuk mengajukan ke Mendagri.

Sebelumnya Bupati Simalungun JR Saragih yang diwakili Asisten I Pemkab Simalungun Albert Saragih mengatakan agar warga yang sebelum pelaksanaan Pilkada sudah terkotak-kotak karena perbedaan pilihan untuk bersatu kembali demi mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih baik kedepannya.

“Mari kita bersatu kembali demi mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih baik kedepannya,” ujar Albert.

Sementara pada rapat pleno terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten yang diselengggarakan oleh KPU Kabupaten Simalungun menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW) yang diusung Partai Golkar, Hanura, Perindo, Berkarya, dan PKS meraih suara terbanyak di Pilkada Simalungun Tahun 2020.

Rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Raja Ahab Damanik, dihadiri Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf. Roly Souhoka, Ketua dan Anggota Bawaslu Simalungun, Muhammad Choir Nazlan Nasution, Michael Richard Siahaan dan Mulai Adil Saragih.

Dalam rapat yang dilaksanakan pada hari Rabu (16/12/2020) itu pasangan RHS-ZW meraih 194.163 suara, disusul pasangan Anton Achmad Saragih-Rospita Sitorus meraih 127.608 suara, Muhajidin Nur Hasim-Tumpak Siregar 98.937 suara, dan M Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih meraih 32.926 suara. (esa/fabe)